Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android

Authors

  • Glenn Lauren
  • Murtiwiyati

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.12.2.179

Abstract

Penulisan ini menguraikan tentang metode perancangan dan pembuatan aplikasi pembelajaran budaya Indonesia untuk anak sekolah dasar dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu melalui smartphoneberbasis android.Pembuatan aplikasi pembelajaran budaya ini dengan menggunakan software berbasis Java dan XML. Pengembangan aplikasi ini menggunakan model waterfall. Aplikasi ini menampilkan informasi tentang budaya Indonesia yang akan dibagi ke dalam 6 kategori, yaitu : pakaian adat, rumah adat, tarian adat, senjata tradisional, alat musik, dan suku. Dimana masing-masing kategori diberikan 1 contoh dari setiap provinsi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan latihan-latihan soal, yang berisi pertanyaan seputar kebudayaan yang sudah dijelaskan dalam aplikasi tersebut. Untuk mempermudah pencarian juga akan ditambahkan fasilitas search dengan mengetikan nama provinsi tiap budaya.Berdasarkan pada hasil uji coba, aplikasi ini dapat berjalan dengan sangat baik pada perangkat berbasis android dengan versi 2.3 ke atas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

[1]
Glenn Lauren and Murtiwiyati 2023. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi. 12, 2 (Oct. 2023), 1–10. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.12.2.179.
Abstract View: 639 times