Penggunaan Structure Equation Modelling (SEM) dan Analisis Technology Acceptance Model (TAM) dalam Menganalisis Penerimaan dan Kepuasan Pengguna Website STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang

Authors

  • Retno Sundari
  • Mohamad As’ad
  • Evy Sophia

Abstract

Website merupakan sarana informasi pendidikan di STMIK Pradnya Paramita Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan dan kepuasan pengguna ter hadap website dimaksud dengan Technology Acceptance Model (TAM) mengunakan Struc- ture Equation Model (SEM). Sampel yang digunakan 154 Mahasiswa dengan 27 item per- tanyaan. Variable TAM yang di gunakan yaitu : Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use , Perceived Website Quality, Attitude TowardsUsing. Dari variable indikator yang dimodelkan dengan TAM dan diuji dengan uji instrument ( uji validitas dan reliabilitas) menunjukkan hasil yang valid dan reliable. Selanjutnya model TAM yang digunakan di uji dengan SEM didapat model awal yang belum fit semua dan harus dilakukan tahap peruba han model. Pada model awal keempat didapat koefisien path dari X1, X2 dan X3 ke Y tidak signifikan dan signifikan hanya X4 ini berarti model tersebut tidak bisa digunakan secara bersama-sama seperti model regresi tetapi harus dilakukan secara bertahap menggu nakan SEM. Ada empat hipotesa yang diujikan. Hipotisis tersebut adalah : H1: Apakah X1 berpengaruh terhadap X4, X2, X3dan juga Y ; H2: Apakah X2 berpengaruh terhadap X1, X3, X4 dan Y ; H3: Apakah X3 berpengaruh terhadap X1, X2, X4 dan Y ; H4: Apakah X4 se cara bersama-sama dengan X1, X2 dan X3 berpengaruh terhadap Y. Dari keempat hipotesis tersebut, hasil akhir analisis didapat model yang belum cocok semua (nilai chi-square (Nor mal Theory Weighted Least Squares Chi-Square>dari nilai Chi-Square kritis dan (P-Value < 0.05 ). Berdasarkan uji tersebut di dapat hasil uji nilai Chi-square yang terkecil didapat model pada hipotesis ketiga (H3). Model tersebut adalah Persepsi Kualitas Website (X3) mempengaruhi Persepsi Kemudahan system (X2) kemudian mempengaruhi persepsi kegu- naan (X1). Persepsi Kualitas Website (X3) secara tidak langsung mempengaruhi Keinginan Pengguna (Y) melalui Persepsi Sikap Pengguna (X4). Persepsi Kualitas Website (X3) secara langsung mempengaruhi Keinginan Pengguna (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

27-12-2016

How to Cite

[1]
Sundari, R., As’ad, M. and Sophia, E. 2016. Penggunaan Structure Equation Modelling (SEM) dan Analisis Technology Acceptance Model (TAM) dalam Menganalisis Penerimaan dan Kepuasan Pengguna Website STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang. Jurnal Ilmiah Komputasi. 15, 2 (Dec. 2016), 1–12.
Abstract View: 20 times