Sistem Pendukung Keputusan Tumbuh Kembang Balita Usia (0-3 Tahun) Menggunakan Metode Z Score (Studi Kasus Pada Klinik Bidan Tuti Cipayung Depok)

Authors

  • Ambar Tri Hapsari Teknik Informatika, Universitas Indraprasta

Abstract

Permasalahan kesehatan gizi Indonesia semakin kompleks sejalan dengan perubahan epidemiologis. Sejumlah masalahan gizi kurang sehat, menampilkan data nilai menurun yaitu prevelensi Kurang Energi Protein (KEP) sementara di pihak lain masalah gizi lebih dan penyakit degenerative justru memperlihatkan kenaikan bahkan dari laporan paling akhir masalah gizi kurang saat ini cenderung sama. Dengan melihat pentingnya menjaga proses pertumbuhan pada balita, peneliti mencoba untuk membahas masalah tetang gizi di Indonesia. Penelitian dengan merancang dan membangun suatu system penentuan status gizi balita dengan menggunakan metode Z Score, dan faktor-faktor apa saja kah yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Penelitian juga membahas Bagaimana menstimulasi tumbuh kembang balita usia 0-3 tahun agar menjadi maksimal. Sejumlah perhitungan variable yang digunakan diantaranya tinggi badan, umur, berat badan, jenis kelamin. Pengukuran Antropometri yang digunakan yaitu Berat Badan menurut Umur (BB/U), Tinggi Badan menurut Umur (TB/U), Berat Badan menurut Tinggi Badan (BB/TB). Sistem ini diharapkan dapat membantu mengontrol gizi yang dibutuhkan oleh balita sehingga tidak menghambat masa pertumbuhan dan perkembangan. Informasi kebutuhan pemberian suplemen pada peneliti ini diharapkan diterima masyarakat khususnya ibu-ibu yang memiliki balita dan juga meningkatkan wawasan pengetahuan tentang ilmu gizi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

04-09-2019

How to Cite

[1]
Hapsari , A.T. 2019. Sistem Pendukung Keputusan Tumbuh Kembang Balita Usia (0-3 Tahun) Menggunakan Metode Z Score (Studi Kasus Pada Klinik Bidan Tuti Cipayung Depok): Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 18, 3 (Sep. 2019), 259–270.
Abstract View: 57 times