ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEEFOOD DI KABUPATEN SLEMAN
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, DIgital Marketing, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan PelangganAbstract
Pada era digital ini, pesatnya perkembangan teknologi telah membawa perubahan besar dalam industri perdagangan dan jasa. Salah satu yang mengalami perubahan signifikan adalah industri e-commerce, dimana konsumen dapat dengan mudah melakukan pembelian melalui platform online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Digital Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening pada Pengguna Aplikasi Shopeefood di Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria sampel yang ditetapkan yaitu pelanggan yang menggunakan aplikasi Shopeefood dan telah melakukan transaksi minimal satu kali. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, (2) Harga tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, (3) Digital Marketing tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, 4) Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, (5) Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan, (6) Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, (7) Digital Marketing berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, (8) Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening, (9) Harga berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening, (10) Digital Marketing berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening