Implementasi GPS (Global Positioning System Tracking And ) Monitoring, Pengenal Wajah, Pengenal Sidik Jari Pada Sistem Presensi Karyawan Berbasis Mobile

Authors

  • Robert Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.19.2.88

Abstract

Presensi merupakan hal yang sangat penting bagi beberapa bidang seperti bidang pendidikan, dan bidang pekerjaan. Dalam bidang pekerjaan setiap karyawan wajib melakukan presensi sebelum memulai pekerjaan dan setelah selesai bekerja, hal ini digunakan sebagai alat penilaian dari karyawan tersebut, Pada umumnya, sistem presensi masih menggunakan sistem yang lama seperti melakukan pengenalan sidik jari menggunakan mesin atau juga menggunakan tanda tangan sehingga memungkinkan untuk mengurangi kinerja karyawan terutama karyawan lapangan. Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem presensi untuk karyawan dimana sistem presensi baru ini diimplementasikan menggunakan perangkat mobile android serta menambahkan beberapa fitur seperti global positioning system (GPS) track and monitoring, pengenal wajah dan pengenal sidik jari sebagai pelengkap dan validasi dari karyawan yang menggunakan sistem ini. Dalam pengembangannya sistem baru ini menggunakan metode pengembangan sistem yaitu waterfall model . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi sistem presensi berbasis mobile telah berhasil dirancang dan dibangun dengan baik. Dalam aplikasi ini diimplementasikan beberapa fitur keamanan seperti pemindai sidik jari dan pemindai wajah, serta terdapat fitur untuk mencegah tidak kecurangan seperti adanya global positioning system (GPS) track and monitoring yang berfungsi untuk memantau pergerakan karyawan dilapangan dalam melaksanakan tugas yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

22-06-2020

How to Cite

[1]
Robert 2020. Implementasi GPS (Global Positioning System Tracking And ) Monitoring, Pengenal Wajah, Pengenal Sidik Jari Pada Sistem Presensi Karyawan Berbasis Mobile : Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 19, 2 (Jun. 2020), 203–216. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.19.2.88.
Abstract View: 4 times