Pemetaan IT Process untuk Mengukur Layanan Teknologi Informasi pada Instansi Pemerintah Menggunakan COBIT-5 (Studi Kasus pada Balai Diklat Keuangan Palembang)

Authors

  • Iwan Khrisnawan Public

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.20.1.400

Abstract

Untuk menunjang visi Kementerian Keuangan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif di abad 21, Kementerian Keuangan membutuhkan sumber daya manusia yang unggul, kreatif, inovatif, kompeten dan mampu menghadapi era disrupsi Revolusi Industri 4.0. Balai Diklat Keuangan Palembang (BDK Palembang) adalah Unit Pelayanan Teknis yang berada dibawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan yang melaksanakan pengembangan kompetensi SDM Kementerian Keuangan di wilayah kerjanya yang meliputi Propinsi Sumatera Selatan, Lampung dan Bangka Belitung. Dengan semakin besarnya jumlah peserta dan pelatihan yang dilakukan oleh BDK Palembang akan berdampak semakin tingginya ketergantungan penggunaan TI dan resiko dalam pengelolaan TI. Untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan TI yang telah dilakukan oleh BDK Palembang, maka perlu dilakukan evaluasi dengan menggunakan metoda yang tepat sehingga dapat mengukur kondisi pengelolaan TI saat ini dan selanjutnya dapat dilakukan improvement di masa yang akan datang. Dalam menyelesaikan penelitian ini, penulis menggunakan kerangka kerja COBIT 5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dua sumber data yakni data primer yang didapat dari wawancara dan kuesioner serta data sekunder dari studi literatur. Dalam tahap pertama penelitian dilakukan Initiate Program untuk mengetahui dan mengenal organisasi dan tahap kedua yakni Defne Problem dan Initiation yang hasilnya berupa 16 proses hasil pemetaan IT Related Goals .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-03-2021

How to Cite

[1]
Khrisnawan, I. 2021. Pemetaan IT Process untuk Mengukur Layanan Teknologi Informasi pada Instansi Pemerintah Menggunakan COBIT-5 (Studi Kasus pada Balai Diklat Keuangan Palembang). Jurnal Ilmiah Komputasi. 20, 1 (Mar. 2021), 29–38. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.20.1.400.
Abstract View: 86 times