Augmented Reality Alat Musik Tradisional Berbasis Algoritma SURF Kombinasi Metode Design Thinking
:
https://doi.org/10.32409/jikstik.24.1.3694
Keywords:
augmented reality, alat musik, design thinking, Jawa Barat, SURFAbstract
Saat ini di tengah arus modernisasi dan perkembangan teknologi, minat generasi muda terhadap alat musik tradisional cenderung menurun, padahal alat musik tradisional menjadi sarana untuk menyampaikan nilai-nilai budaya, cerita, dan sejarah. Teknologi digital, khususnya Augmented Reality (AR), menawarkan solusi inovatif untuk melestarikan dan memperkenalkan alat musik tradisional kepada generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi AR berbasis algoritma SURF (Speeded-Up Robust Features) yang dikombinasikan dengan metode design thinking yang berfokus pada alat musik tradisional Jawa Barat. Pendekatan kombinasi ini berfokus pada pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan masalah pengguna, merumuskan solusi melalui proses kreatif, dan menguji solusi tersebut secara iterative. Umpan balik yang ada pada tahapan testing, membuktikan perancangan aplikasi AR berhasil menghasilkan solusi yang inovatif untuk mengenalkan alat musik tradisional interaktif kepada pengguna, aplikasi ini mampu memberikan pengalaman belajar yang imersif dengan menyajikan alat musik dalam bentuk 3D dan suara asli yang terintegrasi dengan Augmented Reality
Downloads
References
R. Rosyadi, “Angklung: Dari Angklung Tradisional Ke Angklung Modern,” Patanjala J. Penelit. Sej. Dan Budaya, Vol. 4, No. 1, P. 25, 2012, Doi: 10.30959/Ptj.V4i1.122.
A. I. Zuhdi, Z. Mustafidah, M. R. Nur Alam, And S. A. Irawan, “Implementation Multimedia Development Life Cycle In Interactive Multimedia Design For Traditional Indonesian Music Instruments Introduction,” Jiko (Jurnal Inform. Dan Komputer), Vol. 7, No. 1, Pp. 43–50, 2024, Doi: 10.33387/Jiko.V7i1.7640.
H. M. . Nahak, “Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi,” J. Sosiol. Nusant., Vol. 5, No. 1, Pp. 65–76, Jun. 2019, Doi: 10.33369/Jsn.5.1.65-76.
Ridwan Arif Rahman, Dewi Tresnawati, And D. Tresnawati, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,” J. Algoritm., Vol. 13, No. 1, P. 148, 2016.
S. Muhajaroh, A. P. Kurniawan, And Y. Siradj, “Perancangan Model 3d Dan Sound Untuk Aplikasi Interaktif Pengenalan Alat Musik Tradisional Berbasis Augmented Reality,” E-Proceeding Appl. Sci., Vol. 6, No. 2, Pp. 4307–4315, 2020.
R. Khalida And S. Setiawati, “Website Technology Trends For Augmented Reality Development,” J. Ilm. Tek. Elektro Komput. Dan Inform., Vol. 6, No. 1, P. 11, 2020, Doi: 10.26555/Jiteki.V16i1.16632.
V. I. Maulana, F. Fauziah, And R. T. Aldisa, “Kandungan Vitamin Pada Buah Menggunakan Algoritma Surf Dan Lucas Kanade Berbasis Teknologi Mixed Reality,” Jipi (Jurnal Ilm. Penelit. Dan Pembelajaran Inform., Vol. 7, No. 1, Pp. 186–195, 2022, Doi: 10.29100/Jipi.V7i1.2621.
Muryanto And S. Wahyuni, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Aplikasi E-Ky Berbasis Web Pada Pt Pantja Inti Press Industri,” J. Inf. Dan Komput., Vol. 11, No. 2, Pp. 1–9, 2023.
S. Indriyana, A. Voutama, ) Azhari, And A. Ridha, “Siti Indriyana, Et, All Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan User Experience Aplikasi Humaira Cakes Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan User Experience Aplikasi Humaira Cakes,” Juni, Vol. 4, No. 2, Pp. 1487–1496, 2023.
A. Alkodri, Harrizki, And Suharno, “Penerapan Algoritma Surf Pendeteksi Objek Pada Augmented Reality Berbasis Android,” Jatisi (Jurnal Tek. Inform. Dan Sist. Informasi), Vol. 6, No. 2, Pp. 240–249, 2020, Doi: 10.35957/Jatisi.V6i2.217.
G. Karnawan, “Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic,” J. Teknoinfo, Vol. 15, No. 1, P. 61, 2021, Doi: 10.33365/Jti.V15i1.540.
A. A. Razi, I. R. Mutiaz, And P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain Dan Periklanan, Vol. 3, No. 02, P. 219, 2018, Doi: 10.25124/Demandia.V3i02.1549.
A. Rachman And J. Sutopo, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan Ui/Ux: Tinjauan Literatur,” Semant. Tek. Inf., Vol. 9, No. 2, P. 139, 2023, Doi: 10.55679/Semantik.V9i2.45878.
D. Haryuda, M. Asfi, And R. Fahrudin, “Perancangan Ui/Ux Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., Vol. 8, No. 1, Pp. 111–117, 2021, Doi: 10.33197/Jitter.Vol8.Iss1.2021.730.
A. B. Paksi, N. Hafidhoh, And S. K. Bimonugroho, “Perbandingan Model Pengembangan Perangkat Lunak Untuk Proyek Tugas Akhir Program Vokasi,” J. Masy. Inform., Vol. 14, No. 1, Pp. 70–79, 2023, Doi: 10.14710/Jmasif.14.1.52752.
F. F. Adi, M. Ichwan, And Y. Miftahuddin, “Implementasi Algoritma Speeded Up Robust Features (Surf) Pada Pengenalan Rambu – Rambu Lalu Lintas,” J. Tek. Inform. Dan Sist. Inf., Vol. 3, No. 3, Pp. 575–587, 2017, Doi: 10.28932/Jutisi.V3i3.692.
R. ’Aisy, Y. T. Mursityo, And S. H. Wijoyo, “Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Sampingan Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (Sus),” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 11, No. 1, Pp. 19–26, 2024, Doi: 10.25126/Jtiik.20241116613.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
