Rancang Bangun Sistem Informasi Donasi Masjid Kota Kendari Berbasis Website

Authors

  • LM. Fid Aksara Universitas Halu Oleo
  • Ida Bagus Gede Pala Asmara
  • Andi Nurhalisa Universitas Halu Oleo
  • Diah Ayu Ningtias Universitas Halu Oleo

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.22.1.3340

Keywords:

Rancang Bangun, Sistem Informasi, Aplikasi, Donasi, Masjid

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah umat muslim terbesar di dunia. Sebagai agama mayoritas di Indonesia menjadi sebuah kebutuhan umat muslim untuk memiliki tempat ibadah, dalam hal ini masjid. Banyaknya umat muslim di Indonesia juga akan berbanding lurus dengan banyaknya jumlah masjid yang diperlukan. Terkadang salah satu dari banyaknya masjid tersebut tidak lepas dari yang namanya kerusakan, entah dalam skala kecil maupun besar. Selain pemerintah sebagai pawang dalam mengatasi masalah ini, terkadang donasi menjadi cara terbaik untuk mengatasi masalah kerusakan pada masjid. Namun untuk saat ini proses donasi masih bersifat manual. Masalah utama dari proses donasi secara manual adalah masalah kepercayaan, karena tidak adanya transparansi dan informasi tentang penggunaan dana tersebut. Banyak informasi tentang penggalangan dana yang tidak dapat dipercaya dan ada juga oknum yang memanfaatkannya untuk menipu para donatur yang ingin memberikan donasi. Dari sisi donatur, seringkali mereka mengeluhkan bahwa sulit untuk mendapatkan informasi tentang masjid yang membutuhkan dana, karena beberapa masjid terletak di tempat yang jauh dan sulit dijangkau, sehingga informasi tersebut sulit didapatkan oleh mereka. Penelitian ini dilakukan di kota kendari sulawesi tenggara dengan membuat sebuah sistem informasi donasi masjid. Jadi dengan sebuah sistem donatur hanya akan melakukan donasi melalui genggaman smartphone saja. Pelaksanaan pembangunan sistem informasi ini menggunakan bahasa PHP dan menggunakan framework codeigniter 4 dan menggunakan metode pengembangan sistem yang disebut Waterfall. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem informasi donasi masjid memudahkan para donatur untuk mencari masjid-masjid di kota kendari yang membutuhkan uluran tangan dan juga membantu dalam kerja pemerintah daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Murni, W. S. Dharmawan dan H. War- dani, Sistem Informasi Pengelolaan Sedekah, Infaq, Dan Dana Bantuan (Sinban) Menggu- nakanframework Codeigniter , Urnal Khatulis- tiwa Informatika, Vol. Ix, No. 1, Pp. 51-58, Jun. 2021.

G. Y. Swara dan D. Hakim, Perancangan Sis- tem Aplikasi Pengolahan Zakat Berbasis Web (Studi Kasus : Badan Amil Zakat Masjid Raya Andalas Kota Padang) , Jurnal Teknoif, Vol. 4, No. 1, Apr. 2016.

A. Hidayat, A. Yani dan Rusidi, Memban- gun Website Sma Pgri Gunung Raya Ranau Menggunakan Php Dan Mysql , Jtim: JurnalJurnal Ilmiah KOMPUTASI, Volume 22 No :1, Maret 2023, p-ISSN 1412-9434/e-ISSN 2549-722793 Teknikinformatika Mahakarya, Vol. 2, No. 2, Pp. 41-52, 2019.

R. Subagia, Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web , Jurnal Perangkat Lunak, Vol. 2, No. 2, Pp. 94-100, Jun. 2020.

M. S. Novendri, A. Saputra dan C. E. Firman, Aplikasi Inventaris Barang Pada Mts Nurul Islam Dumai Menggunakan Php Dan Mysql , Lentera Dumai, Vol. 10, No. 2, May 2019.

A. Iskandar, A. P. Kharisma dan And Sutrisno, Implementasi Sistem Pengelolaan Donasi, Kegiatan, Dan Relawan Komunitas Sosial Tu- run Tangan Malang Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter , Jurnal Pengemban- gan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol. 6, No. 10, Pp. 5083-5092, Oct. 2022.

Z. W. Dewantry, S. D. Budiwati dan M. B. Sanjaya, Aplikasi Pengelolaan Dana Donasi Untuk Penderita Kanker (Studi Kasus: Yayasan Kanker Indonesia) , eProceedings of Applied Science, Vol. 1, No. 3, Dec. 2015.

M. K. Hutauruk, Uml Diagram : Use Case Diagram , diakses daring pada https://Socs.Binus.Ac.Id/2019/11/26/Uml- Diagram-Use-Case-Diagram, 2019.

J. Simatupang dan S. Sianturi, Perancan- gan Sistem Informasipemesanan Tiket Bus- pada Po.Handoyo Berbasis Online , Jurnal Intra-Tech, 3(2), 11-25 , 2019.

Haviluddin, Memahami Penggunaan Uml (Unified Modelling Language) , Jurnal Infor- matika Mulawarman, Vol. 6, No. 1, 2011

Downloads

Published

06-05-2023

How to Cite

[1]
LM. Fid Aksara, Ida Bagus Gede Pala Asmara, Andi Nurhalisa and Diah Ayu Ningtias 2023. Rancang Bangun Sistem Informasi Donasi Masjid Kota Kendari Berbasis Website. Jurnal Ilmiah Komputasi. 22, 1 (May 2023), 81–94. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.22.1.3340.
Abstract View: 49 times