Rekayasa Ulang Proses Bisnis Layanan Data Pada Institusi Manajemen Aset

Authors

  • Wahyu Joko Raharjo Student
  • Widya Silfianti Dosen Pembimbing
  • Suryarini Widodo Dosen Pendamping

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.21.4.3205

Keywords:

business process management, BPMN, layanan data, rekayasa ulang

Abstract

Layanan penyediaan data berguna untuk menyediakan data kepada unit yang membutuhkan data/informasi, dimana data/informasi tersebut belum didukung oleh sistem aplikasi atau membutuhkan data/informasi untuk diolah kembali untuk berbagai keperluan antara lain untuk monitoring, bahan pengambilan keputusan, analisa dan bahan pembuatan kebijakan pada sektor publik atau pemerintahan. Dalam rangka menjaga tingkat layanan yang baik, layanan data memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengatur norma waktu tiap tahap layanan data. Seksi Keamanan Basis Data pada Direktorat Transformasi dan Sistem Informasi layanan penyediaan data memiliki norma waktu 480 menit/8jam. data tahun 2021 ditemukan 15.46% layanan data melebihi norma waktu pemenuhan layanan. Busines Proses Management (BPM) digunakan untuk rekayasa ulang proses bisnis layanan data dengan tahap penelitian: identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data, pemodelan proses as-is, analisis proses as-is, rekayasa proses to-be, analisis proses to-be, dan pengambilan kesimpulan dan saran. hasil simulasi menunjukkan kemungkinan layanan data dan layanan penyediaan data aplikasi alchemy melebihi batas norma waktu pemenuhan dapat diminimalisir/dihilangkan, efisiensi waktu untuk layanan data sebesar 6.69%-54.4 % untuk layanan data yang besaran data bervariasi dan pada layanan penyediaan data alchemy diperoleh efisiensi sebesar 80.15%-82.14%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-12-2022

How to Cite

[1]
Raharjo, W.J., Widya Silfianti and Suryarini Widodo 2022. Rekayasa Ulang Proses Bisnis Layanan Data Pada Institusi Manajemen Aset. Jurnal Ilmiah Komputasi. 21, 4 (Dec. 2022), 617–628. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.21.4.3205.
Abstract View: 62 times