Kebijakan Dividen Sub Sektor Barang Konsumsi pada Era Sebelum dan Sesudah Terdampak Covid-19 Perusahaan Manufaktur di BEI dengan Pendekatan ANFIS

Authors

  • Angga Angestu Universitas Gunadarma
  • Yuhilza Hanum Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.22.1.3097

Keywords:

Covid-19, Kebijakan Deviden, Dividen Payout Ratio, Fuzzy, ANFIS

Abstract

Saat ini di seluruh dunia sedang terjadi wabah COVID-19, termasuk salah satunya Indonesia. Penyebaran virus ini berdampak sangat tinggi pada tingkat perekonomian nasional. Jika ini terjadi maka kinerja perusahaan dan harga saham akan jelas menurun, kebijakan deviden yang tepat pada saat pandemi COVID-19 sangat diperlukan oleh suatu perusahaanKebijakan dividen merupakan masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan. Manajemen sering mengalami kesulitan untuk memutuskan apakah laba yang didapatkan akan dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk dividen atau menahannya untuk diinvestasikan kembali pada proyek-proyek yang lebih menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perusahaan sudah tepat dalam mengeluarkan kebijakan dividen. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi dengan menggunakan metode purposive judgment sampling. Periode pengamatan dimulai dari 2015 hingga 2020. Alat analisa yang digunakan adalah adaptive neuro fuzzy inference system dan uji linear berganda. Keseluruhan analisa serta persiapan variabel dilakukan dengan bantuan Matlab R2014a dan SPSS 16. Berdasarkan hasil pengujian terhadap sampel hasil penelitian dengan menggunakan ANFIS mampu melakukan training atas data dan memodelkan kelakuan hubungan input-output dengan sangat baik, hal ini dibuktikan dengan perbandingan keakurasian antara asumsi ANFIS dengan asumsi aktual yang sudah cukup baik dengan rata-rata tingkat selisih error mampu mencapai 0 yaitu sebesar 0.0590, hal ini menggambarkan hasil pengaruh dari data yang sudah ditraining dengan ANFIS bisa dikatakan memiliki tingkat keakuratan hasil yang baik. Kata kunci :Covid-19, Kebijakan Dividen, Dividend Payout Ratio, Fuzzy, ANFIS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rika Afrianti, Fatahurrazak dan Tumpal Manik, Pengaruh Return on Assets, Current Ratio, Price Earning Ratio, dan Debt to Eq- uity Ratio Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Indus- tri dan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012- 2014 , Fakultas Ekonomi Universitas Mar- itim Raja Ali Haji. Tanjungpinang, Kepulauan Riau, 2017.

Dwi Putri Antika, Mohamat Fatekurohman dan Dian Anggraeni, Analisis Hubungan An- tara Financial Distress dan Keputusan Kebi- jakan Dividen Omisi Perusahaan Manufaktur , J. Math. and Its Appl. E-ISSN: 2579-8936, P- ISSN: 1829-605X Vol. 15, No. 1, Maret 2018.

S. Kusumadewi , Analisis dan Desain Sistem Fuzzy (Menggunakan Toolbox MATLAB) , Yogyakarta: Graha Ilmu, 2002.

Muksan Junaidi dan Ratna Dwi Rahayu, Model Data Mining dan Rasio Altaman Un- tuk Prediksi FInancial Distress Perusahaan , STT Ronggolawe Cepu, Blora Indonesia, Jur- nal Volume 2, Nomor 2, Desember 2019.

Moh. Nazir, Metode Penelitian , Bogor: Ghalia Indonesia 2014.

Agus Naba, Belajar Cepat Fuzzy Logic Meng- gunakan MATLAB , Yogyakarta: ANDI.PT Alfabet PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

Slamet Santoso, Statistika Ekonomi Plus Ap- likasi SPSS , Ponorogo: Umpo Press, 2013

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung, 2016.

J. Fred Weston and Thomas E. Copeland, Managerial Finance , (Manajemen keuangan, Alih bahasa : A. Jaka Wasana dan Kibran- doko), Jilid 2. 1996.

Yulius Eka Agung Seputra dan Meirinaldi, Prediksi Indeks Gabungan Harga Saham (ISHG) Menggunakan Adaptive Neural Fuzzy Inference System (ANFIS) , Jurnal Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Borobudur, Volume 22 Nomor 2, Juli 2020.

Downloads

Published

06-05-2023

How to Cite

[1]
Angestu, A. and Yuhilza Hanum 2023. Kebijakan Dividen Sub Sektor Barang Konsumsi pada Era Sebelum dan Sesudah Terdampak Covid-19 Perusahaan Manufaktur di BEI dengan Pendekatan ANFIS. Jurnal Ilmiah Komputasi. 22, 1 (May 2023), 123–132. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.22.1.3097.
Abstract View: 29 times