Sistem Informasi Buku Induk Siswa pada SMK Cakra Kusuma Jombang

Authors

  • Rahayu Widayanti Pradnya Paramita College of Informatics Management and Computer
  • Eni Farida STIMATA Malang
  • Risti Istira STIMATA Malang

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.21.1.2925

Abstract

SMK Cakra Kusuma Jombang merupakan sekolah menengah kejuruan dengan jurusan multimedia yang terletak di Jombang Jawa Timur. Saat ini kegiatan pencatatan administrasi siswa dan alumni dilakukan menggunakan buku induk. Pencatatan buku induk siswa dan alumni tersebut dilakukan oleh bagian administrasi sesuai dengan tahun masuk dan tahun lulus siswa dan dilakukan secara sistem manual. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, permasalah yang terjadi dengan sistem manual memiliki beberapa kelemahan antara lain pengisian data siswa membutuhkan waktu dan sumber daya, serta sering terjadi kesalahan akibat human error . Selain itu pencatatan dengan sistem manual, menyebabkan buku mudah rusak apabila disimpan terlalu lama, serta memerlukan ruang penyimpanan khusus. Tujuan penelitian ini adalah melakukan evaluasi dan mengembangkan buku induk siswa menjadi terkomputerisasi sehingga memudahkan sekolah dalam penyimpanan dan pencarian data siswa maupun alumni. Hasil pengembangan sistem informasi buku induk siswa memiliki manfaat dalam memudahkan sekolah dalam memasukkan biodata siswa, memasukkan hasil prestasi belajar siswa, pencarian data siswa dan alumni, serta memudahkan dalam mencetak dokumen dan arsip yang dibutuhkan. Dengan manfaat ini, pengarsipan dokumen siswa dan alumni menjadi lebih efektif dan efisien. Berdasarkan hasil pengujian fungsional, seluruh sistem telah berjalan secara optimal, hal ini ditunjukkan dari hasil ujicoba item 100 persen telah berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-03-2022

How to Cite

[1]
Widayanti, R., Eni Farida and Risti Istira 2022. Sistem Informasi Buku Induk Siswa pada SMK Cakra Kusuma Jombang: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 21, 1 (Mar. 2022), 107–114. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.21.1.2925.
Abstract View: 100 times