Perancangan Learning Management System (LMS) Menggunakan Moodle Pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta

Authors

  • Matilda Ujulawa

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi maka banyak juga kegiatan manusia yang terbantu sehingga dapat diselesaikan dengan cepat. Demikian juga dalam bidang pendidikan dan pengajaran melalui Learning Management System (LMS). Setolah Tinggi Tarakanita (STARKI) mengupayakan pembangunan Learning Management System (LMS) menggunakan Moodle dengan tujuan untuk membantu kelancaran proses belajar-mengajar. Moodle singkatan dari Modular Object Oriented Dyanamic Learning Environment yang berarti tempat belajar dinamis dengan menggunakan model berorientasi objek atau merupakan paket lingkungan pendidikan berbasis web yang dinamis dan dikembangkan dengan konsep berorientasi objek. Learning Management System (LMS) berbasis Moodle yang digunakan untuk model pembelajaran diahrapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja pengajar dan pemahaman pembelajar terhadap materi pembelajaran. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen pembuatan aplikasi dan hasilnya dijelaskan secara deskriptif. Adapun metode pengembangannya menggunakan waterfall model dan diujikan menggunakan black box testing. Hasil penggunaan aplikasi menunjukkan bahwa Learning Management System (LMS) sangat membantu dosen dalam penyampaian materi, latihan, tugas, dan ujian. Kreatifitas dosen juga dituntut lebih banyak dan hasil ujian dapat langsung diketahui. Karena memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan pembelajaran konvensional maka Learning Management System (LMS) ini dapat diperluas lagi ke matakuliah lainnya di Sekolah Tinggi Tarakanita (STARKI).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

07-06-2017

How to Cite

[1]
Ujulawa, M. 2017. Perancangan Learning Management System (LMS) Menggunakan Moodle Pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta. Jurnal Ilmiah Komputasi. 16, 1 (Jun. 2017), 61–70.
Abstract View: 92 times