Klasifikasi Gangguan Jaringan Low Bandwidth Bank Tabungan Negara (BTN) dengan Perbandingan Metode K-Nearest Neighbor dan Metode Naive Bayes (Studi Kasus : PT. Ipwan Global Telecomm)

Authors

  • Sasmita Salsabeela Program Pasca Sarjana, STMIK Jakarta STI&K
  • Latifah Bahrudin Suryobroto STMIK Jakarta STI&K

Abstract

Klafisikasi adalah teknik dalam data mining yang digunakan untuk mengelompokan data terhadap data sampel yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas data yang masuk dalam pengelompokan. Hasil pengklasifikasian sangatlah penting bagi beberapa perusahaan dalam membuat sebuah keputusan, termasuk PT IPWAN GLOBAL TELECOMM yang menggunakan metode data mining klasifikasi Naive bayes. Naive Bayes dipilih berdasarkan perbandingan penelitian terdahulu yang menunjukan metode tersebut cocok dengan kebutuhan PT IPWAN GLOBAL TELECOMM dalam pengklasifikasian ganguang jaringan berskala berat. Hasil peneilian menghasilkan Class Recall sebesar 96.08% dan hasil akhir perbandingan antara perhitungan manual dan perhitungan dengan software RapidMinner yang sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

03-06-2022

How to Cite

[1]
Salsabeela, S. and Suryobroto, L.B. 2022. Klasifikasi Gangguan Jaringan Low Bandwidth Bank Tabungan Negara (BTN) dengan Perbandingan Metode K-Nearest Neighbor dan Metode Naive Bayes (Studi Kasus : PT. Ipwan Global Telecomm). Jurnal Ilmiah Komputasi. (Jun. 2022).

Section

Sistem Informasi
Abstract View: 16 times