Perancangan Aplikasi Pengenalan Negara-Negara Pendiri ASEAN dengan Penerapan Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless Pada Smartphone Berbasis Android

Authors

  • Guntur Eka Saputra Universitas Gunadarma
  • Edwyn Pratama Universitas Gunadarma

Abstract

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Pengenalan negara-negara pendiri ASEAN ini dipelajari oleh siswa-siswi kelas VI (enam) sekolah dasar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang hanya menggunakan buku yang memiliki elemen multimedia dua dimensi yaitu teks dan gambar tak bergerak. Informasi yang terdapat pada buku diantaranya bangunan bersejarah, bendera, lambang negara, dan lagu kebangsaan dan belum menggunakan media pembelajaran multimedia yang lebih menarik dengan pemanfaatan teknologi Augmented Reality dengan metode markerless. Metode markerless pada augmented reality digunakan agar tidak harus menggunakan sebuah marker khusus yang harus dicetak terlebih dahulu. Markerless yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mendeteksi sebuah teks yang ditulis dengan huruf kapital agar dapat terdeteksi kamera pada smartphone berbasis Android. Dalam penelitian perancangan aplikasi ini dihasilkan kebutuhan fungsional dan non-fungsional, perancangan dengan menggunakan struktur navigasi dan storyboard untuk dapat melihat gambaran alur dari aplikasi yang dirancang, dan menggunakan unified modeling language (UML), yaitu use case dan activity diagram untuk pemodelan yang dikomunikasikan dengan pengguna sehingga dapat dilihat interaksi antara pengguna dengan aplikasi, serta dihasilkan 5 (lima) rancangan tampilan aplikasi dan 1 (satu) contoh tampilan teks marker.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

27-03-2018

How to Cite

[1]
Saputra, G.E. and Pratama, E. 2018. Perancangan Aplikasi Pengenalan Negara-Negara Pendiri ASEAN dengan Penerapan Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless Pada Smartphone Berbasis Android: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 17, 1 (Mar. 2018), 63–74.
Abstract View: 79 times