EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GEMINI AI DALAM MENYUSUN PERANGKAT AJAR BAGI GURU

Authors

  • Lita Rizqa Aprilia STMIK Jakarta STI&K
  • Anna Laila Istifaroh STMIK Jakarta STI&K
  • Sugeng Prayitno STMIK Jakarta STI&K

Keywords:

AI, GEmini, Teknologi, Guru

Abstract

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) sangat berkembang di hampir seluruh sektor, salah satunya dibidang pendidikan. Berbagai platform yang dibekali AI seperti Gemini AI. Gemini AI digunakan dibidang pendidikan untuk membantu guru dalam menyusun perangkat ajar seperti Alur tujuan pembelajaran, modul ajar, materi ajar, membuat soal yang bervariasi dan mengerjakan tugas lain dengan lebih efisien. Namun dengan berbagai manfaat tersebut ada beberapa tantangan yang timbul dalam pemanfaatan teknologi gemini AI dalam konteks pendidikan. Salah satunya adalah Guru perlu melakukan verifikasi terhadap informasi yang dihasilkan untuk memastikan akurasi dan relevansinya, mempertimbangkan bahwa teknologi gemini AI tidak dapat sepenuhnya menggantikan peran guru, tetapi hanya berfungsi sebagai alat bantu yang kuat. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan Gemini AI bagi guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan studi pustaka (library research). Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulannya, pemanfaatan gemini AI dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi guru. Namun, penting untuk tetap mempertimbangkan batasan dan tantangan yang terkait dengan penggunaan teknologi AI dalam pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Aprilia, L. R., Istifaroh, A. L., & Prayitno, S. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GEMINI AI DALAM MENYUSUN PERANGKAT AJAR BAGI GURU. Prosiding Seminar SeNTIK, 8(1), 257–260. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3728
Abstract View: 0 times