TEKNOLOGI MACHINE LEARNING UNTUK MELAYANI PEMANTAUAN KEGIATAN BELAJAR DI SMK NEGERI 1 AMPELGADING PEMALANG

Authors

  • Anna Laila Istifaroh STMIK Jakarta STI&K
  • Lita Rizqa Aprilia STMIK Jakarta STI&K
  • Sugeng Prayitno STMIK Jakarta STI&K

Keywords:

Machine Learning, Pelayanan, Pemantauan

Abstract

Teknologi mesin learning merupakan mesin yang dikembangkan untuk dapat belajar dengan sendirinya tanpa perintah dari penggunanya. Machine Learning adalah bagian dari kecerdasan buatan (AI) yang tugasnya membantu komputer atau mesin pengajaran belajar dari semua data terdahulunya dan dapat membuat Keputusan yang cerdas. Cara kerja machine learning membutuhkan penangkapan dan pemeliharaan serangkaian informasi yang kaya dan diubah menjadi basis informasai terstruktur untukk penggunaan yang berbeda di berbagai bidang, salah satunya dibidang pendididikan. Machine learning dibidang pendidikan dapat digunakan antara lain untuk layanan monitoring kegiatan pembelajaran, menganalisis data hasil pembelajaran siswa dan menilai efektivitas berbagai elemen kurukilum. Tujuan dari penuliasan artikel ini adalah 1) Pentingnya Machine Learning di bidang pendidikan ? dan 2) Bagaimana memanfaatkanya dibidang pendidikan ?. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan studi pustaka (library research) sebagai metode pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dengan studi pustaka (library research), machine learning di bidang pendidikan mempunyai banyak kelebihan dan keuntungan, Yaitu guru dapat menghemat waktu. Machine learning dapat mendukung penyebaran pendidikan. Machine learning menjadikan guru mendapat pemahaman dan informasi lebih baik tentang kemajuan siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Anna Laila, A. L., Aprilia, L. R., & Prayitno, S. (2024). TEKNOLOGI MACHINE LEARNING UNTUK MELAYANI PEMANTAUAN KEGIATAN BELAJAR DI SMK NEGERI 1 AMPELGADING PEMALANG. Prosiding Seminar SeNTIK, 8(1), 203–207. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3725
Abstract View: 0 times