ANALISIS PENGARUH SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION), SSM (SOCIAL MEDIA MARKETING), KUALITAS KONTEN, DAN RESPONSIVITAS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Authors

  • Nur Indah Istiqomah Universitas Nusa Megarkencana
  • Luluk Kholisoh Universitas Nusa Megarkencana
  • Rini Susilawati Universitas Nusa Megarkencana
  • Sri Supadmini Universitas Nusa Megarkencana

Keywords:

SEO, SMM, Kualitas Konten, Responsive, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Digitalisasi telah memasuki semua aspek kehidupan masyarakat global, kondisi tersebut telah mendorong pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia dan mengubah mengubah pola fikir masyarakat Indonesia mengenai proses jual beli. Tahun 2022 Indonesia menjadi penyumbang GMV e-commerce terbesar di Asia Tenggara dengan nilai US$51,9 miliar. Laporan ini juga menunjukkan, Shopee merupakan perusahaan e-commerce dengan GMV terbesar di Asia Tenggara pada 2022, yakni US$ 47,9 miliar atau 48,14% dari total GMV e-commerce kawasan. Penelitian ini menggunakan empat variabel bebas, yaitu search engine optimization (SEO), social media marketing (SMM), kualitas konten dan responsivitas, dan Variabel Terikat Loyalitas Pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Search Engine Optimization (SEO) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini terbukti dengan pengujian hipotesis pertama (H1) memiliki nilai thitung = 2.674 > ttabel = 1,65870 atau nilai sig. = 0,002 < 0,05. Social Media Marketing (SMM) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini terbukti dengan pengujian hipotesis kedua (H2) memiliki nilai thitung = 2.498 > ttabel = 1,65870 atau nilai sig. = 0,014 < 0,05. Kualitas Konten berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini terbukti dengan pengujian hipotesis ketiga (H3) diperoleh nilai thitung = 2.842 > ttabel = 1,65870 atau nilai sig. = 0,005 < 0,05. Responsivitas berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini terbukti dengan pengujian hipotesis keempat (H4) diperoleh nilai thitung = 5.587 > ttabel = 1,65870 atau nilai sig. = 0,000 < 0,05. Dan secara secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini terbukti dengan pengujian hipotesis keenam (H5) memiliki nilai Fhitung = 92,077 > Ftabel = 2,69 atau nilai sig. = 0,000 < 0,05. Dan nilai nilai Adjusted R Square dalam regresi penelitian diperoleh sebesar 0,762

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Istiqomah, N. I., Kholisoh, L., Susilawati, R., & Supadmini, S. (2024). ANALISIS PENGARUH SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION), SSM (SOCIAL MEDIA MARKETING), KUALITAS KONTEN, DAN RESPONSIVITAS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Prosiding Seminar SeNTIK, 8(1), 107–115. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3708
Abstract View: 0 times