IMPLEMENTASI VLAN CISCO UNTUK PENGATURAN HAK AKSES PADA JARINGAN KOMPUTER SEKOLAH

Authors

  • Susilo STMIK Jakarta STI&K
  • Salim Hartono STMIK Jakarta STI&K
  • Kriesna Yunan STMIK Jakarta STI&K
  • Bheta Agus Wardijono STMIK Jakarta STI&K

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaturan hak akses jaringan sekolah berbasis Virtual Local Area Network (VLAN) menggunakan perangkat Cisco. Dalam era digital saat ini jaringan komputer di sekolah memainkan peranan penting dalam mendukung proses pembelajaran, mengolah dan mengelola informasi yang sensitif, namun dengan peningkatan jumlah pengguna dan perangkat yang terhubung ke jaringan, tantangan keamanan semakin kompleks terutama hak akses terhadap informasi yang sensitif. Pada penelitian ini digunakan konsep VLAN yang memungkinkan pemisahan logis antara pengguna dan perangkat di jaringan yang sama. Teknologi ini membuat administrator jaringan dapat memisahkan lalu lintas data berdasarkan fungsi atau departemen tertentu kemudian mengelolanya dengan melakukan pengaturan hak akses terhadap masing-masing pengguna maupun bagian-bagian yang ada. Penelitian ini menitikberatkan penggunaan fitur keamanan yaitu VLAN Access List (VACL). Metode yang digunakan untuk implementasi jaringan menggunakan metode Network Development Life Cycle (NDLC) dengan studi kasus di SMK PGRI 11 Ciledug Kota Tangerang. Hasil dari penelitian adalah implementasi jaringan sekolah berbasis VLAN menggunakan perangkat Cisco untuk memudahkan manajemen pengaturan hak akses pengguna. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk membantu administrator jaringan dalam merencanakan dan mengelola jaringan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Susilo, Salim Hartono, Kriesna Yunan, & Bheta Agus Wardijono. (2023). IMPLEMENTASI VLAN CISCO UNTUK PENGATURAN HAK AKSES PADA JARINGAN KOMPUTER SEKOLAH . Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 273–284. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3458
Abstract View: 0 times