AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN DI INDONESIA: UKURAN PERUSAHAAN, CAPITAL INTENSITY DAN LEVERAGE
Abstract
Pengenalan sistem self- assessment di Indonesia, memberikan kebebasan penuh kepada manajemen dalam menyusun SPT. Hal ini sesuai dengan teori keagenan bahwa manajemen telah diberikan hak oleh prinsipal untuk mengelola urusan perusahaan sehingga keputusan bisnis berada di tangan manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Agresivitas Pajak pada Perusahaan Perdagangan di Indonesia: Capital Intensity, Leverage dan Ukuran Perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah sektor perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan moderated regression analysis (MRA). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Analisis data diperoleh dalam penelitian ini akan menggunakan aplikasi SPSS. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bahwa ukuran perusahaan, capital intensity dan leverage dapat mempengaruhi agresivitas pajak pada perusahaan perdagangan di Indonesia. Hasil dari penelitian ini diharapkan nantinya hal ini menjadi pertimbangan bagi Otoritas Perpajakan Indonesia, khususnya Direktorat Jenderal Pajak, dalam melakukan pengawasan terhadap wajib pajak badanDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2023-08-19
How to Cite
Lestari, Sigit Mareta, & Ari Apriani. (2023). AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN DI INDONESIA: UKURAN PERUSAHAAN, CAPITAL INTENSITY DAN LEVERAGE. Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 216–219. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3442
Issue
Section
Articles