DIGITALISASI UMKM DENGAN MENGADOPSI E-COMMERCE: INTENTION TO BUY ONLINE MELALUI SIKAP (A PROPOSED STUDY)
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia,
berdasarkan survey e-commerce 2022 mencatat 27,65% pelaku usaha e-commerce mengalami peningkatan.
Langkah yang dilakukan pelaku UMKM untuk mengurangi dampak pandemi covid-19 ini diantaranya
menurunkan produksi barang/jasa, mengurangi jam kerja dan jumlah karyawan, serta saluran penjualan
dan pemasaran. Dengan mengadopsi e-commerce tentunya banyak keuntungan yang ditawarkan untuk
pelaku UMKM, namun dibalik keuntungan tersebut masih ada kendala yang dihadapi yaitu penguasaan
teknologi oleh para pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pertimbangan kepada
UMKM tradisional untuk mengadopsi penjualan dan pemasaran secara online yang memberikan dampak
pada peningkatan omzet. Pertimbangan yang dihasilkan nantinya berasal dari para pelaku UMKM yang
memanfaatkan e-commerce sebagai saluran penjualan dan pemasarannya. Urgensi dari penelitian ini
adalah UMKM perlu memanfaatkan e-commerce sebagai sarana penjualan dan pemasaran selama
pandemi virus covid-19. Populasi yang digunakan yaitu para konsumen pengguna e-commerce popular.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dimana responden menjawab pertanyaan yang
disusun dalam bentuk pilihan dan skala pertanyaan menggunakan skala Likert (1-5). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan analisis SEM dan alat SmartPLS 3.3.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
