DIGITALISASI UMKM DENGAN MENGADOPSI E-COMMERCE: INTENTION TO BUY ONLINE MELALUI SIKAP (A PROPOSED STUDY)
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia, berdasarkan survey e-commerce 2022 mencatat 27,65% pelaku usaha e-commerce mengalami peningkatan. Langkah yang dilakukan pelaku UMKM untuk mengurangi dampak pandemi covid-19 ini diantaranya menurunkan produksi barang/jasa, mengurangi jam kerja dan jumlah karyawan, serta saluran penjualan dan pemasaran. Dengan mengadopsi e-commerce tentunya banyak keuntungan yang ditawarkan untuk pelaku UMKM, namun dibalik keuntungan tersebut masih ada kendala yang dihadapi yaitu penguasaan teknologi oleh para pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pertimbangan kepada UMKM tradisional untuk mengadopsi penjualan dan pemasaran secara online yang memberikan dampak pada peningkatan omzet. Pertimbangan yang dihasilkan nantinya berasal dari para pelaku UMKM yang memanfaatkan e-commerce sebagai saluran penjualan dan pemasarannya. Urgensi dari penelitian ini adalah UMKM perlu memanfaatkan e-commerce sebagai sarana penjualan dan pemasaran selama pandemi virus covid-19. Populasi yang digunakan yaitu para konsumen pengguna e-commerce popular. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dimana responden menjawab pertanyaan yang disusun dalam bentuk pilihan dan skala pertanyaan menggunakan skala Likert (1-5). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan analisis SEM dan alat SmartPLS 3.3.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2023-08-16
How to Cite
Ari Apriani, Muhamad Al Faruq Abdullah, Wenny Desty Febrian, & Lestari. (2023). DIGITALISASI UMKM DENGAN MENGADOPSI E-COMMERCE: INTENTION TO BUY ONLINE MELALUI SIKAP (A PROPOSED STUDY). Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 121–130. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3438
Issue
Section
Articles