PENERAPAN PLATFORM ANALISIS MEDIA SOSIAL BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT SEBAGAI MODEL PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL

Authors

  • Mohamad Saefudin STMIK Jakarta STI&K
  • Linda Wahyu Widianti STMIK Jakarta STI&K
  • Hening Hendrato STMIK Jakarta STI&K

Abstract

Teknologi kecerdasan buatan atau Artifficial Intelegent (AI) adalah bidang yang melibatkan pengembangan sistem komputer yang dapat melakukan tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. AI terus berkembang dengan adanya penelitian dan inovasi baru, dan teknologi ini terus diperbarui dan ditingkatkan untuk meningkatkan kemampuan sistem. Teknologi ini memiliki banyak bentuk seperti Machine Learning, Deep Learning, Natural Language Processing, Computer Vision, Robotics, Generative Adversarial Networks, dan Reinforcement Learning. Sementara teknologi ini yang dapat digunakan dalam kegiatan bisnis khususnya pada saat proses pemasaran produk kepada pelanggan dapat berbentuk analisis data. Bentuk analisis data tersebut seperti proses analisis sentimen, rekomendasi produk, personalisasi konten, chatbot yang dapat memberikan dukungan pelanggan 24 jam selama 7 hari, analisis prediktif dan pengoptimalan harga produk berdasarkan banyak faktor seperti permintaan pelanggan. Penelitian yang dilakukan adalah membandingkan tiga platform media sosial analisis yaitu: Google Analytic, Facebook Insights, dan Instagram Insights. Penggunaan Teknologi AI dalam pemasaran produk dapat membantu meningkatkan analisis data, personalisasi konten, pengambilan keputusan, efisiensi operasional, dan penghematan biaya. Hal ini membantu meningkatkan kinerja pemasaran memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan mencapai hasil yang lebih baik secara keseluruhan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Mohamad Saefudin, Linda Wahyu Widianti, & Hening Hendrato. (2023). PENERAPAN PLATFORM ANALISIS MEDIA SOSIAL BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT SEBAGAI MODEL PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL. Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 264–272. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3457
Abstract View: 0 times

Most read articles by the same author(s)