PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN MATERI BANGUN RUANG BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

  • Kania Lulu Mahfudzah STMIK Jakarta STI&K
  • Lussiana ETP STMIK Jakarta STI&K
  • Kokoy Rokoyah STMIK Jakarta STI&K

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia, serta mendasari perkembangan teknologi modern. Pemahaman bangun ruang adalah salah satu materi yang penting dalam ilmu matematika dan perlu diperkenalkan kepada peserta didik. Hasil survey menunjukkan bahwa strategi pembelajaran di sekolah yang diberikan kepada siswa untuk materi bangun ruang ini masih sulit dipahami walaupun sudah menggunakan ilustrasi dan model peraga bentuk-bentuk bangun ruang. Tujuan penelitian ini membuat aplikasi pembelajaran sebagai media pengenalan pada materi bangun ruang berbasis web. Pembangunan sistem dengan menggunakan model waterfall yang terdiri dari 5 tahap, yaitu : tahap analisis, tahap desain, tahap pengkodean, tahap pengujian dan tahap pemeliharaan. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode black box, tidak ada kesalahan fungsi. Dengan kata lain semua fungsi sistem berjalan dengan tepat sesuai dengan rancangan. Hasil pengujian pada pengguna menyatakan bahwa pengguna sangat senang dengan aplikasi pembelajaran geometry learning dan merasa mudah memahami materi bangun ruang yang tersedia pada aplikasi, hal ini ditunjukkan dengan persentase sebanyak 93,8% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran yang dibangun layak dan dapat diimplementasikan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Kania Lulu Mahfudzah, Lussiana ETP, & Kokoy Rokoyah. (2023). PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN MATERI BANGUN RUANG BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 254–263. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3456
Abstract View: 0 times

Most read articles by the same author(s)