GAME ACTION SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TOPENG MALANGAN

Authors

  • Roy Nasrul Akbar STMIK PPKIA Pradnya Paramita (STIMATA)
  • Tubagus Mohammad Akhriza STMIK PPKIA Pradnya Paramita (STIMATA)
  • Samsul Arifin STMIK PPKIA Pradnya Paramita (STIMATA)

Keywords:

Malang, Topeng, 3D, Game

Abstract

Topeng Malangan merupakan budaya asli kota Malang yang, dengan tarian yang membawakan kisah original dari Indonesia dan dengan variant topeng yang lebih banyak dibanding dengan tari topeng dari daerah lain. Saat ini Topeng Malangan dapat dinikmati melalui pertunjukan langsung, video pertunjukan yang ada pada internet, sosial media, komik, atau game mengenai Topeng Malangan. Dalam perkembangan teknologi saat ini, game merupakan media yang sangat diminati oleh masyarakat dari semua kalangan. Berbeda dengan media-media yang lain, game memberikan kesempatan langsung kepada audience untuk berinteraksi dengan object atau cerita yang ada didalamnya. Namun saat ini game yang membawakan Topeng Malangan masih sangat kurang, dan dari beberapa game yang beredar di internet hanya mengenalkan topeng-topeng yang ada pada Topeng Malangan saja, tanpa mebawakan cerita seperti layaknya pementasan. Penelitian ini bertujuan untuk membawakan game dengan genre action sebagai upaya pemberian media pengenalan Topeng Malangan kepada masyarakat. Game action ini akan membawakan cerita berjudul “Rabine Panji” yang merupakan salah satu judul cerita dalam pementasan Topeng Malangan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-27

How to Cite

Roy Nasrul Akbar, Tubagus Mohammad Akhriza, & Samsul Arifin. (2020). GAME ACTION SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TOPENG MALANGAN. Prosiding Seminar SeNTIK, 4(1), 405–411. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3344
Abstract View: 4 times

Most read articles by the same author(s)