Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik <p>Prosiding Seminar SeNTIK</p> <p>Prosiding Kegiatan seminar ini dirancang sebagai sarana interaksi profesional antar komunitas bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi dan Sistem Komputer di Indonesia. Selain bertujuan untuk saling bertukar pikiran, pengetahuan, pengalaman, dan gagasan, seminar ini juga dapat digunakan untuk mengakselerasi pengembangan penelitian pada bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi dan Sistem Komputer.</p> en-US lp2mjakstik@gmail.com (Dr. Bheta Agus Wardijono) saefudin@gmail.com (Mohamad Saefudin) Sat, 26 Sep 2020 00:00:00 +0700 OJS 3.2.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERBANDINGAN PENERAPAN ALGORITMA NEURAL NETWORK BACKPROPAGATION DENGAN OPTIMASI ALGORITMA LBFGS DAN SGD UNTUK PREDIKSI PENYAKIT JANTUNG https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/274 <p>Penyakit jantung merupakan penyakit tidak menular yang disebabkan kondisi adanya timbunan lemak di pembuluh darah arteri coroner pada jantung yang mengubah peran dan bentuk arteri, serta menghambat aliran darah menuju jantung. Faktor penyakit jantung dapat diprediksi dengan 14 atribut faktor yang dapat mempengaruhi prediksi penyakit jantung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan data sekunder yang diharapkan data tersebut memiliki makna untuk mendapatkan suatu informasi dan pengetahuan. Data mining adalah proses mencari pola atau informasi bermakna dalam data terpilah dengan mengunakan suatu metode atau teknik tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma neural network backpropagation dengan metode optimasi LBFGS dan SGD untuk melihat hasil akurasi perbandingan diantara dua metode optimasi tersebut. Berdasarkan hasil eksperimen ditunjukkan bahwa hasil akurasi dari 14 atribut faktor dengan menggunakan backpropagation dan metode optimasi LBFGS lebih baik dibandingkan SGD. Akurasi dengan metode optimasi LBFGS sebesar 85.3%, sedangkan SGD 83.6%, dan tingkat loss atau error dari LBFGS mendekati 0, yaitu 0.001152, sedangkan SGD sebesar 0.546822. Waktu pemrosesan CPU Times juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan, metode LBFGS memproses selama 46.5 ms, sedangkan SGD sebesar 908 ms. Kata Kunci : penyakit jantung, data mining, backpropagation, optimasi, LBFGS, SGD</p> Guntur Eka Saputra, Karmilasari, Adrian Faisal, Ahmad Apandi Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/274 Sun, 27 Sep 2020 00:00:00 +0700 UJIAN ONLINE BERBASIS KOMPUTER PADA PELATIHAN PEMROGRAMAN WEB DASAR DI UT SCHOOL MENGGUNAKAN CODE IGNITER DAN MySQL https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/275 <p>Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi banyak digunakan dalam proses pembelajaran yang dimulai dari pembuatan materi pengajaran, pembuatan sistem ujian, pembuatan sistem penilaian sampai dengan pelaksanaan kuliah secara online. Hal tersebut juga dilakukan pada saat proses pelatihan pemrograman web dasar di UT School terutama pelaksanaan tes awal dan akhir setiap akan memulai dan mengakhiri materi baru pelatihan. Dikarenakan waktu pelatihan sangat singkat dan mencakup banyak materi, maka diputuskan tes awal dan akhir dilaksanakan menggunakan ujian online berbasis komputer. Siswa dapat melaksanakan ujian baik di perangkat telepon pintar maupun di komputer dalam waktu yang telah ditentukan. Aplikasi dibuat menggunakan dalam framework CodeIgniter dengan didukung pengelolaan database menggunakan MySQL. Peserta pelatihan dimintai pendapatnya berkaitan dengan ujian online yang telah diikuti melalui kuesioner dalam bentuk Google form agar didapat hasil pengalaman pengguna (User Experience, UX) menggunakan alat analisa UX. Berdasarkan hasil ujicoba dengan 35 responden, nilai tertinggi terdapat pada kebaruan yaitu 0,57. Kata Kunci : ujian online, codeIgniter, my sql, ux</p> Fivtatianti Hendajani, Aditya Putera Ramadhana, Guntur Eka Saputra Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/275 Sun, 27 Sep 2020 00:00:00 +0700 SISTEM PENGENALAN WAJAH DENGAN METODE LOCAL BINARY PATTERN HISTOGRAM PADA FIREBASE BERBASIS OPEN CV https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/276 <p>Pengenalan wajah merupakan satu teknologi biometrik yang memanfaatkan analisis dari pengolahan citra. Proses dari pengenalan wajah diantaranya adalah deteksi wajah dan identifikasi wajah. Kedua proses ini sebelumnya telah dikembangkan dalam bentuk proses tersendiri. Melalui sistem pengenalan wajah, identitas diri seseorang dapat diketahui dengan mudah hanya dengan memanfaatkan sistem kamera. Algoritma Local Binary Pattern Histogram (LBPH) merupakan satu metode yang digunakan untuk proses pengolahan fitur wajah seperti face detection dan face recognition. LBPH digunakan untuk pengolahan fitur wajah dan Haar Cascade untuk pengambilan frame wajah. Metode LBPH mengubah tekstur dari suatu citra wajah menjadi nilai biner, dan nilai tersebut mewakili bagian dari piksel-piksel suatu wajah yang membentuk sebuah lingkaran dan memiliki pusat sebagai acuan terhadap nilai-nilai tersebut. Jarak antar kerapatan dari nilai biner tersebut dinamakan neighbors. Database yang digunakan adalah database online dari firebase yang dinaungi oleh Google, sehingga dengan terciptanya dataset wajah secara online, pengoperasian pengenalan wajah dapat lebih efisien. OpenCV adalah modul pengolahan citra untuk membuat, mengubah, serta memodifikasi suatu citra digital agar bisa digunakan dalam banyak hal seperti pengolahan citra wajah di sini. Berdasarkan uji coba terhadap 62 citra wajah didapatkan persentase akurasi keseluruhan uji coba proses sistem pengenalan wajah ini sebesar 93.5%. Kata Kunci : Biometrik, Deteksi Wajah, Firebase, Haar, LBPH</p> Fajar Setiawan, Dewi Agushinta R. Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/276 Sun, 27 Sep 2020 00:00:00 +0700 RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE LEARNING BAHASA ASING (STUDI KASUS : BAHASA JERMAN TINGKAT PEMULA) https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/277 <p>Manusia sebagai mahluk sosial yang memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi kesesama mahluk sosial lainnya. Sejak zaman dahulu kala kebutuhan manusia untuk berkomunikasi dalam segala hal ini sangatlah penting dan menggunakan berbagai macam teknik berkomunikasi salah satunya adalah menggunakan berbagai macam bahasa asing, terlebih pada zaman tekhnologi maju yang sangat dibutuhkan untuk dapat menghadapi arus globalisasi yang semakin luas. Kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing merupakan hal yang penting Perkembangan teknologi yang seakan memaksa generasi kini untuk terus berkembang dengan memperkokoh diri dalam proses belajar demi meningkatkan skill yang dimiliki. Tidak hanya itu, pesatnya perkembangan teknologi pun juga berdampak terhadap transparansi informasi dan kemudahan mengakses segala informasi dari berbagai belahan dunia. Yang demikian itu sehingga janganlah keterbatasan dalam berbahasa asing memperhambat generasi muda dalam proses belajar-mengajar. Aplikasi mobile learning bahasa asing dengan studi kasus bahasa Jerman untuk tingkat pemula dengan tujuan adalah membuat sebuah aplikasi yang menyajikan konten pembelajaran bahasa Jerman untuk pemula, sehingga dapat memudahkan dan meningkatkan antusiasme dalam mempelajari bahasa Jerman dimanapun dan kapanpun. Perancangan dan pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java dan XML. Membangun aplikasi mobile Learning bahasa asing dengan studi kasus bahasa Jerman untuk tingkat pemula yang diharapkan dapat digunakan untuk mempermudah masyarakat dalam mempelajari salah satu bahasa asing dunia yaitu bahasa Jerman. Kata Kunci : Aplikasi, android, mobile learning, java, bahasa</p> Linda Wahyu Widianti, Hening Hendrato, Neneng Mariana Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/277 Sun, 27 Sep 2020 00:00:00 +0700 E-BUSINESS PENYEDIA LAYANAN JASA PENULISAN KONTEN ARTIKEL MENGGUNAKAN METODE WATERFALL BERBASIS WEBSITE https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/278 <p>Website Informasi saat ini sangat dibutuhkan sebagai sumber informasi. Dalam membuat konten artikel di website informasi memerlukan seseorang pembuat konten artikel yang mempunyai potensi merangkai kata dan menulis berita informasi. Tujuan tersebut supaya pembaca dapat mengambil kesimpulan atau informasi secara lengkap, jelas, rapih dan sesuai fakta. Selain itu, saat ini cukup banyak website yang dikelola secara individu maupun perusahaan yang berlomba-lomba menyajikan informasi bermanfaat untuk para pembaca. Namun cukup banyak juga website informasi yang tidak dapat rutin memperbarui artikel, sehingga membutuhkan penulis konten artikel pada website informasi tersebut. Oleh sebab itu, dibuat sebuah website E-Business penyedia layanan jasa penulisan konten artikel untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu website ini membutuhkan pembuat konten artikel sebagai sumber daya manusia untuk dapat menulis dan mendapatkan gaji yang sesuai. Website E-Business penyedia layanan jasa penulisan konten artikel berhasil dibuat dengan menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) dan metode perancangan System Development Life Cycle (SDLC) model waterfall. Website ini akan melakukan pengujian dengan menggunakan metode Black-Box Testing supaya dapat layak digunakan oleh pengguna. Website E-Business ini telah dibangun dengan nama Candu Nulis dan sudah bisa beroperasi untuk melayani pembeli yang ingin memesan artikel dan membantu content writer yang membutuhkan pekerjaan. Kata Kunci : Website, E-Business, Penulis Konten Artikel, Waterfall, Website Model Canvas</p> Muhammad Gusti Apriansyah, Aqwam Rosadi Kardian Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/278 Sun, 27 Sep 2020 00:00:00 +0700 INOVASI STAYCATION DALAM BIDANG DIGITAL TOURISM DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS DAN VIRTUAL REALITY https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/279 <p>Sektor pariwisata Indonesia mengalami penurunan pada bulan April 2020 sebesar 87,44%. Hal ini merupakan dampak pandemi Covid-19 yang menyerang secara global. Konsep staycation kemudian mulai dikenal luas sebagai salah satu alternatif pariwisata, dimana wisatawan akan menghabiskan waktunya hanya berdiam di rumah dengan beberapa hiburan atau menetap di suatu tempat dalam durasi tertentu. Menggunakan konsep ini untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata di Indonesia, muncul lah sebuah inovasi untuk menggabungkan teknologi Internet of Things (IoT), Virtual Reality (VR), dan cloud computing untuk merancang sebuah aplikasi staycation yang dapat memberikan kesan liburan bagi pengguna yang menetap di rumah. Aplikasi ini dirancang dengan tiga modul yang terdiri dari intelligent management system, panoramic virtual reality system, dan IoT-Based tourism. Perancangan aplikasi ini diharapkan nantinya dapat membantu mewujudkan inovasi staycation dengan menggunakan ketiga teknologi tersebut. Kata Kunci : Staycation, Internet Of Things, Virtual Reality, Cloud Computing</p> Tri Okta Priasni, Dheanda Absharina, M.Rafi Raihan Rizal, Pipit Dewi Arnesia Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/279 Sun, 27 Sep 2020 00:00:00 +0700 ANALISIS GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SAAT PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DELONE DAN MCLEAN https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/280 <p>Peraturan jaga jarak sosial yang diterapkan akibat Pandemi COVID-19 di berbagai negara, termasuk Indonesia menyebabkan semua aktivitas masyarakat dibatasi dan digantikan dengan aktivitas secara online. Hal ini juga berlaku pada dunia Pendidikan yang beralih ke sistem pembelajaran jarak jauh, seperti Google Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesuksesan Google Classroom sebagai sistem pengganti kegiatan belajar mengajar di sekolah saat Pandemi COVID-19 menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model tersebut dapat digunakan untuk menganalisis kesuksesan Google Classroom dan terdapat pengaruh antara elemen-elemen kesuksesan, yaitu Kualitas sistem, Kualitas informasi, dan Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, dan Kepuasan Pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap manfaat bersih. Kata Kunci : Google Classroom, Model Kesuksesan, Sistem Informasi, DeLone dan McLean, COVID-19</p> Fahirah, Salma Luna Eka Puteri, Pipit Dewi Arnesia Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/280 Sun, 27 Sep 2020 00:00:00 +0700 SURVEY TENTANG OPTIMASI KOLONI SEMUT (ANT COLONY OPTIMIZATION) PADA PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/281 <p>Ant Colony Optimization (ACO) adalah teknik meta-heuristik yang terkenal dan berkembang pesat. Sejumlah besar masalah optimasi telah mengambil manfaat dari teknik ACO begitu pula lainnya yang sedang menggunakannya saat ini tak terhitung jumlahnya. Sejumlah upaya juga telah dilakukan oleh para peneliti untuk menerapkan ACO dalam menyelesaikan berbagai masalah pengujian perangkat lunak. Artikel ini menyajikan survei dari sembilan studi tersebut, kami mengdentifikasi hal yang berkaitan dengan penggunaan ACO dalam konsep pengujian perangkat lunak yang beragam. Pada akhirnya, sembilan studi telah dianalisis dengan teliti untuk menemukan beberapa parameter umum yang dapat dikelompokkan bersama atau dibandingkan untuk memberikan wawasan yang berguna. Kata Kunci : ACO, pengujian, perangkat lunak, optimasi</p> Salma Luna Eka Puteri, M. Rafi Raihan Rizal, Fenni Agustina Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/281 Sun, 27 Sep 2020 00:00:00 +0700 VIMO APPLICATIONS AS VIRTUAL MOUSE WITH REAL TIME GESTURE RECOGNITION https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/282 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu aplikasi mouse virtual berbasis desktop untuk mengontrol kursor komputer secara dinamis dengan gerakan tangan yang lebih sederhana. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa citra yang diambil secara real-time melalui webcam dan data latih dari dblib (untuk facial landmark). Setiap citra yang ditangkap oleh webcam akan melewati serangkaian proses metode pengolahan citra untuk mendeteksi kontur tangan dan mata. Gerakan tangan dan mata inilah yang akan digunakan untuk memberikan perintah kursor komputer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengeksekusian kode program VIMO untuk menjalankan fungsi kontrol mouse berhasil dijalankan dengan baik dan efektif pada kondisi yang diharapkan. Kondisi latar yang tidak rumit dan kondisi pencahayaan yang tidak terlalu gelap dengan jarak penguna dan webcam antara 60cm sampai 200cm merupakan kondisi terbaik dalam penggunaan VIMO. Fungsi kontrol yang dapat dilakukan pada aplikasi VIMO yakni kontrol pergerakkan kursor, pemberian perintah klik kiri, klik kanan, scroll-up, dan scroll-down, serta fungsi wink untuk kalibrasi latar pengguna. Kata Kunci : Computer Vision, Contour Detection, Feature Extraction, Gesture Recognition, Image Processing</p> Anisa Lora , Pipit Dewi Arnesia Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/282 Sun, 27 Sep 2020 00:00:00 +0700 GAMIFIKASI PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK PENINGKATAN PARTISIPASI MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/283 <p>Pandemi Covid-19 membawa perubahan pada kehidupan masyarakat Indonesia dan juga global. Moda pembelajaran secara darurat dan mendadak berubah dari sistem konvensional ke pembelajaran online. Perubahan ini menjadi isu pendidikan di dunia karena menghadapi sejumlah tantangan seperti menurunnya partisipasi mahasiswa di kelas-kelas daring. Artikel ini mengusulkan solusi atas permasalahan tersebut melalui pendekatan gamifikasi terhadap pembelajaran di kelas daring dengan cara menerapkan beberapa mekanik game seperti poin, reward, leaderboard dan milestone. Tugas diberikan dalam bentuk dua misi, yaitu misi penguatan dan pendalaman materi dimana tingkat kesulitan dan poin dari misi kedua lebih tinggi dari misi pertama. Reward yang disediakan berbentuk pembebasan UAS dengan nilai yang berjenjang sesuai dengan besarnya poin akumulatif yang dikumpulkan. Hasil gamifikasi menunjukkan adanya penurunan jumlah mahasiswa yang menyelesaikan tugas tidak tepat waktu sebesar 56.4% pasca penerapan gamifikasi (setelah UTS). Selain itu, 63.3% mahasiswa terus melanjutkan penyelesaian misi meskipun sudah bebas UAS dengan nilai A. Artinya, dorongan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas tidak selalu karena nilai, namun karena ingin berkompetisi dengan rekan- rekannya dan/atau membuktikan kemampuan dirinya dalam menyelesaikan misi yang diberikan. Kata Kunci : gamifikasi, pandemi covid-19, pendidikan tinggi, sistem pembelajaran online</p> Tubagus Mohammad Akhriza Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/283 Mon, 28 Sep 2020 00:00:00 +0700 FINGERPRINT BERBASIS ARDUINO, RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION DAN KEYPAD UNTUK PINTU KEAMANAN BERLAPIS https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/284 <p>Seperti diketahui keamanan sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Brankas menjadi salah satu tempat penyimpanan yang banyak dijadikan pilihan. Jika menyimpan barang yang penting dalam suatu brankas itu tidak memiliki keamanan maka barang itu akan mudah dicuri dikarenakan semakin marak kejahatan saat ini dengan teknologi yang canggih. Pentingnya mengamankan ruang brankas merupakan fokus penelitian ini. Pada penelitian ini dirancang sistem keamanan ruang brankas yang dilengkapi dengan sistem perekam data kartu dan jari pengakses ruang. Sistem ini dilengkapi dengan sistem berlapis melalui sejumlah perangkat keras antara lain: beberapa sensor seperti sensor Radio Frequency Identification, dan keypad yang dapat diakses menggunakan password pada pintu ke 1 serta sensor Fingerprint yang dapat diakses oleh jari tangan yang sudah terdaftar untuk mengakses pintu ke 2. Sistem ini juga dilengkapi dengan penyimpanan data sehingga data pengakses ruang dapat disimpan. Prototipe sudah diuji coba, dan didapatkan hasil fungsi sensor dan motor untuk membuka pintu brankas dapat bekerja sesuai tujuan. Kata Kunci : RFID, Arduino,Fingerprint</p> Mochammad Radja Brojas, Widi Hastomo, Diyah Rury Irawati Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/284 Mon, 28 Sep 2020 00:00:00 +0700 EVALUASI PENERAPAN ALGORITMA ITERATIVE CLOSEST POINT (ICP) PADA PROSES REGISTRASI KUMPULAN TITIK DARI CITRA (POINT CLOUD) https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/286 <p>Iterative Closest Point (ICP) adalah salah satu algoritma yang sering digunakan untuk registrasi point cloud. Dalam meregistrasi point cloud, algoritma ICP mencari korespondensi dari semua titik pada point cloud untuk menentukan transformasi yang harus dilakukan point cloud Model agar sejajar dengan point cloud Target. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja algoritma Iterative Closest Point (ICP) pada proses registrasi point cloud, sehingga dapat menentukan pengembangan yang bisa diterapkan pada algoritma ICP untuk meregistrasi point cloud 3 dimensi. Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa banyaknya titik yang dimiliki suatu point cloud mempengaruhi waktu yang diperlukan untuk proses registrasi. Kondisi kesejajaran yang tinggi antar titik yang berkorespondensi dapat diperoleh dengan memeriksa nilai MSE, semakin kecil nilai MSE maka semakin didapatkan kondisi sejajar. Nilai MSE yang semakin rendah diperoleh dengan menambah iterasi proses registrasi. Berdasarkan kompleksitas waktu algoritma ICP, yaitu O(NpNx), dapat dinyatakan bahwa waktu komputasi algoritma ICP linier terhadap jumlah titik pada point cloud. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi resolusi suatu citra, menunjukkan jumlah titik yang semakin banyak, sehingga membutuhkan waktu yang tinggi untuk proses registrasi. Hal ini merupakan peluang dari pengembangan metode registrasi point cloud yang dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk proses registrasi point cloud tersebut. Kata Kunci : registrasi, point cloud, ICP, jumlah titik</p> Riska Khairunnisah, Lussiana ETP Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/286 Mon, 28 Sep 2020 00:00:00 +0700 PENGGUNAAN BONDING PADA MIKROTIK UNTUK ATM https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/290 <p>Jaringan internet adalah kunci dari terbukanya komunikasi yang tidak terbatas. Dengan menggunakan jaringan internet dapat dilakukan komunikasi dengan pihak lain berbagai belahan dunia. Salah satu implementasi dari jarngan komputer adalah untuk keperluan bisnis yaitu dalam jaringan ATM. Pada suatu jaringan ATM umumnya dibutuhkan uptime yang tinggi yaitu 7 x 24 jam, sehingga bila jaringan itu bermasalah maka harus segera dicarikan solusinya. Penggunaan jaringan bonding dapat menjadi solusi dari redundance yang terkadang membutuhkan biaya lebih dan kurang efektif dalam penggunaannya di bisnis jaringan ATM. Pada penelitian ini telah diimplementasikan bonding pada mikrotik untuk jaringan ATM. Penelitian ini memperlihatkan sistem failover yang lebih baik pada jaringan ATM dan dapat meningkatkan SLA pada perusahaan. Kata Kunci : Bonding, Redundance, jaringan ATM</p> Suryo Astono, Sashmita Salsabeela, Mochammad Radja Brojas, Bheta Agus Wardijono Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/290 Mon, 28 Sep 2020 00:00:00 +0700 PENGOLAHAN BUDIDAYA TANAMAN HIDROPONIK DENGAN TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/285 <p>Pengolahan lahan pertanian idealnya menggunakan lahan luas namun seiring dengan pesatnya pembangunan, ketersediaan lahan menjadi hambatan utama melakukan aktifitas pertanian di perkotaan. Untuk mengatasinya, saat ini mulai dikembangkan pertanian dengan metode budidaya tanaman hidroponik, yang menggunakan lahan lebih sedikit dengan media tanam air. Kendala yang sering ditemukan saat melakukan pertanian hidroponik adalah perlu secara rutin memeriksa kualitas air, yaitu unsur TDS (Total Dissolved Solid), kadar keasaman juga suhu air serta suhu udara, yang menjadi kunci budidaya tanaman hidroponik agar dapat berhasil baik. Pada penelitian ini akan dilakukan budidaya tanaman dengan media hidroponik menggunakan teknologi Internet of Things dengan sensor-sensor yang digunakan sebagai alat bantu pengamatan terhadap batasan/benchmark yang diperlukan dalam budidaya tanaman hidroponik. Kata Kunci : Budidaya, Tanaman, Hidroponik, Internet of Things</p> Indra Sari Kusuma Wardhana, Denny Boesrony, Wishnu Kurniawan Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/285 Mon, 28 Sep 2020 00:00:00 +0700 APLIKASI PENJUALAN TIKET ACARA KEBUDAYAAN KOREA MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/287 <p>Korean wave merupakan kebudayaan populer dari Korea Selatan yang mulai masuk ke Cina dan Asia Tenggara sejak akhir 1990. Korean wave terdiri dari beberapa konten kebudayaan yang menjadi komoditas ekspor kebudayaan yang utama bagi Korea Selatan, diantaranya; film, drama televisi (K-Drama), musik (K- Pop) dan K-Fashion. Mengacu pada banyaknya jumlah penggemar Korea saat ini, maka semakin banyak acara bertemakan kebudayaan Korea. Tujuan dari penulisan ini adalah menghasilkan sebuah website yang dapat membantu penggemar Korean Wave untuk memperoleh informasi mengenai kegiatan kebudayaan Korea dan mempermudah penggemar dalam pembelian tiket kegiatan-kegiatan tersebut. Perancangan website dimulai dari perancangan Unified Modelling Language (UML), yaitu use case diagram, activity diagram, dan class diagram, serta perancanganstrukturnavigasi.Hasil dari perancangan ini memudahkan pengguna dalam memperoleh informasi mengenai kegiatan kebudayaan Korea. Kata Kunci : Korean Wave, Kebudayaan, Acara</p> Ishfahani Saphira, Latifah Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/287 Mon, 28 Sep 2020 00:00:00 +0700 PEMANFAATAN INTERNET OF THINGS UNTUK CEGAH PENYEBARAN COVID-19 https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/288 <p>Corona Virus Diseases-19 (COVID-19) saat ini telah meluas penyebarannya hampir ke seluruh dunia. Belakangan ini banyak ditemukan kluster penyebaran COVID-19 di area publik dan perkantoran. Salah satu cara pencegahan penyebaran COVID-19 di area perkantoran dan publik adalah dengan penerapan protokol kesehatan, diantaranya dengan penggunaan masker dan memastikan temperature badan saat akan memasuki suatu tempat tidak melebihi 37,5º C. Dengan menggunakan teknologi Internet of Things, protocol kesehatan ini dapat diterapkan. Pada penelitian ini diuji coba dengan menggunakan Facial Recognition dan dipadukan dengan Thermal Camera yang digunakan untuk mengidentifikasi pengunjung yang akan memasuki sebuah lokasi. Diharapkan dengan perpaduan antara facial recognition dan thermal camera dapat mengidentifikasi seseorang telah menggunakan masker dan memiliki suhu badan dibawah 37,5º C ketika memasuki suatu area. Kata Kunci : COVID-19, Corona, Virus, Diseases, Internet of Things</p> Indra Sari Kusuma Wardhana, Melani Dewi Lusita, Diyah Ruri Irawati Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/288 Mon, 28 Sep 2020 00:00:00 +0700 RANCANG BANGUN PURWARUPA ALAT PENGATUR JARAK KENDARAAN DENGAN SENSOR ULTRASONIK MENGGUNAKAN METODE V-MODEL https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/291 <p>Mengendarai mobil di jalan raya sepatutnya harus dengan baik dan benar. Hal ini merupakan salah satu dari berbagai aspek keselamatan berkendara di jalan raya. Selain mencegah kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri, juga demi terwujudnya keselamatan dan kenyamanan berkendara dengan pengguna jalan lainnya. Penelitian ini bertujuan membuat purwarupa alat pengatur jarak kendaraan untuk mengurangi angka kecelakaan kendaraan bermotor, khususnya untuk kendaraan roda empat yang hampir saja terjadi setiap harinya. Hal tersebut terjadi dikarenakan tidak semua kendaraan memiliki sebuah system keamanan jarak kendaraan yang berfungsi sebagai pemberi peringatan jika jarak kendaraan mereka terlalu dekat dengan kendaraan yang lain. Sensor ultrasonik memiliki frekuensi sebesar 40 kHz. Sensor ini terdiri dari pemancar dan penerima gelombang ultrasonik, rangkaian pemancar akan memancarkan gelombang ultrasonik dalam waktu 200 us. Gelombang ini merambat melalui udara dengan kecepatan kurang lebih 344 meter/detik. Jika gelombang ini mengenai suatu objek, maka gelombang ini akan dipantulkan kembali ke penerima dari sensor ultrasonik. Alat ini akan diletakkan di bagian bumper depan yang akan memberikan peringatan jika jarak kendaraan terlalu dekat dengan kendaraan di depannya. The V-Model adalah model SDLC dimana pelaksanaan proses yang terjadi secara berurutan dalam bentuk-V. Dikenal juga sebagai model Verifikasi dan Validasi. The V-Model merupakan perluasan dari waterfall model dan didasarkan pada asosiasi dari fase pengujian untuk setiap tahap pengembangan yang sesuai. Ini berarti bahwa untuk setiap fase tunggal dalam siklus pengembangan, ada tahap pengujian terkait langsung. Kata Kunci : Pengatur Jarak Sensor Ultrasonik, Mikroprosesor AT89S5, V-Model</p> Yudi Irawan Chandra, Kosdiana, Marti Riastuti Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/291 Mon, 28 Sep 2020 00:00:00 +0700 IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM PEMILIHAN VARIETAS UNGGUL TANAMAN KEDELAI DI BALITKABI MALANG https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/292 <p>Penggunaan varitetas unggul kedelai oleh petani yang ada saat ini masih belum maksimal dengan kualitas hasil yang bervarasi. Ketika ada penyuluhan terkait hal itu, penyuluh dalammenentukan varietas yang akan disampaikan kepada petani hanya berdasarkan pengalaman selama dia bekerja saja. Hal tersebut menyebabkan informasi yang disampaikan kurang tepat.Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini mengusulkan pengembangan sistem penunjang keputusan pemilihan varietas ungul tanaman kedelai dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP).. Hasil pengujian rata-rata akurasi hasil pemilihan varietas unggul tanaman kedelai dengan menggunakan sistem penunjang keputusan metode AHP menunjukkan 60,842% data alternatif, yang menunjukkan hasil pemilihan yang dilakukan penyuluh kurang tepat. Hasil yang didapat tersebut telah diterima dan mampu memberikan informasi yang akurat bagi penyuluh tentang varietas kedelai yang unggul yang akan dipilih. Kata Kunci : sistem penunjang keputusan (spk), analytical hierarchy process (ahp), spk pemilihan varietas unggul kedelai</p> Agung Prasetyo, Tubagus Mohammad Akhriza, Dian Wahyuningsih Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/292 Mon, 28 Sep 2020 00:00:00 +0700 APLIKASI AUGMENTED REALITY TENTANG FUNGSI ORGAN GINJAL MANUSIA DAN CARA MENJAGA KESEHATANNYA https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/289 <p>Penerapan teknologi Augmented Reality untuk menyajikan informasi fungsi organ ginjal yang dapat menjadi solusi menyajikan informasi yang interaktif dan atraktif. Penelitian yang dikembangkan berfokus pada penerapan Augmented Reality untuk menyajikan informasi fungsi organ ginjal dan menjaga kesehatan dalam bentuk aplikasi berbasis Android. Organ ginjal manusia pada aplikasi ini divisualisasikan melalui model 3 dimensi dengan penambahan informasi dan fitur-fitur interaktif. Aplikasi di kembangan dengan marker. Aplikasi memiliki 5 scene yaitu splash screen, halaman menu, halaman tampilan ginjal, halaman menjaga kesehatan, scene info aplikasi. Empat fitur pada aplikasi yaitu tracking marker adalah fitur untuk mengenali marker, fitur rotate adalah fitur untuk memutar objek 3 dimensi, fitur perbesar adalah fitur untuk memperbesar objek 3 dimensi, dan terakhir fitur move adalah fitur untuk memindahkan objek 3 dimensi agar tidak menutupi marker. Aplikasi diujicobakan pada dua buah smartphone dengan spesifikasi yang berbeda. Hasil pengujian menunjukkan bahwah aplikasi telah berhasil menyajikan informasi yang interaktif dan menarik ke pengguna. Kata Kunci : Augmented Reality, Ginjal, Kesehatan, Sistem Informasi</p> Elly Agustina Julisawaty, Hurnaningsih, Munich Heindari Ekasari Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/289 Mon, 28 Sep 2020 00:00:00 +0700 APLIKASI PENGENALAN BUDAYA BETAWI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE PROFESSIONAL https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/294 <p>Budaya Betawi merupakan budaya campuran dari budaya suku-suku lain yang dahulu mendiami Jakarta. Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya pertumbuhan penduduk DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat banyak acara dan kegiatan dengan mengambil tema budaya-budaya Betawi yang juga menambah minat penduduk DKI Jakarta terhadap budaya Betawi. Untuk mengenalkan budaya Betawi, maka dibuatlah aplikasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi tersebut dengan menggunakan Adobe Flash CS 5.5. Penelitian ilmiah ini akan membahas tentang aplikasi multimedia yang memanfaatkan tekhnologi informasi yang sedang berkembang. Peneitian ini membahas pembuatan aplikasi multimedia untuk smartphone berbasis Android. Aplikasi yang dibuat adalah aplikasi untuk pengenalan budaya Betawi sebagai pengetahuan terhadap budaya Betawi kepada masyarakat yang ingin mengetahui tentang budaya Betawi. Dibuatnya aplikasi pengenalan terhadap budaya Betawi untuk smartphone berbasis android ini agar masyarakat lebih tertarik, lebih dapat mengenal, dan aplikasi lebih mudah digunakan. Kata Kunci : Budaya Betawi, Adobe Flash, Sistem Informasi</p> Sari Noorlima Yanti, Melani Dewi Lusita, Fitri Sjafrina Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/294 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0700 IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE & FREQUENT PATTERN GROWTH UNTUK PENENTUAN SISTEM REKOMENDASI KEPUTUSAN PEMBELIAN https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/295 <p>Rekomendasi sistem membantu pelanggan dalam menemukan produk yang relevan dan baru dengan lebih efektif. Penilitian ini menguraikan prediksi penjualan pada sebuah toko ritel dan sistem rekomendasi produk yang diterapkan untuk toko ritel tersebut. Data terdiri dari informasi penjualan selama 7 tahun sebanyak 12.099 transaksi. Association Rule merupakan algoritma yang membantu dalam memberikan dukungan keputusan pada produk yang dibeli secara bersamaan oleh pelanggan. Pola yang dihasilkan terhadap barang yang dibeli oleh pelanggan sangat penting untuk meningkatkan target penjualan agar menjadi lebih tepat sasaran dengan berbagai tindakan yang bisa dilakukan seperti memberikan promosi dan diskon. Penelitian ini juga menggunakan algoritma FP-Growth untuk pendekatan asosiasi. Hasil dari penelitian ini adalah rule yang berguna untuk memberikan rekomendasi promosi suatu produk secara lebih tepat, yaitu dengan menghasilkan 3 rule ketika menggunakan minimum support 0.2 dan minimun confidence 0.5. Kata Kunci : Rekomendasi, Association, Rule, Ritel, FP-Growth</p> Siti Hasuna, Widi Hastomo, Ellya Sestri, Nawang Kalbuana Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/295 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0700 OPTIMALISASI DATA TERBATAS PREDIKSI JANGKA PANJANG COVID-19 DENGAN KOMBINASI LSTM DAN GRU https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/296 <p>Jumlah data yang terbatas menjadi masalah utama Deep Learning (DL) untuk dapat menghasilkan prediksi data time series COVID-19 yang baik. Dalam penelitian ini dipergunakan 2 metode untuk dapat melakukan optimalisasi, pertama adalah memperoleh hasil prediksi dengan nilai error yang minimum, yaitu dengan mengkombinasikan hidden layer dengan 2 metode LSTM (Long Short Term Memory) dan GRU (Gated Reccurend Unit) dan yang kedua adalah memperkecil nilai time step agar dapat melipat gandakan jumlah data menjadi lebih banyak. Algoritma Deep Learning umumnya hanya dirancang untuk dapat melakukan prediksi jangka pendek (satu langkah kedepan setelah prediksi data testing). Dalam memperoleh prediksi jangka panjang yaitu dengan menjadikan hasil prediksi satu langkah kedepan menjadi satu data baru. Hal ini dilakukan secara berulang hingga mencapai prediksi jangka panjang yang diharapkan. Hasil dari penelitian ini adalah grafik prediksi dengan nilai RMSE (Root Mean Square Error) minimum untuk 100 hari kedepan. Pada fitur new_cases COVID-19 Indonesia diperoleh dengan nilai RMSE =57.497234, epoch = 25 , dengansusunan hidden layer pertama sampai keempat adalah LSTM,LSTM,LSTM,LSTM,. Sedangkan untuk fitur new_deaths diperoleh nilai RMSE =3.2645181, epoch = 55 , dengan urutan hidden layer adalah GRU,GRU,GRU,GRU. </p> Adhitio Satyo Bayangkari Karno, Widi Hastomo, Sutarno Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/296 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0700 OPTIMASI PORTOFOLIO DAN PREDIKSI CRYPTOCURRENCY MENGGUNAKAN DEEP LEARNING DALAM BAHASA PYTHON https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/299 <p>Penelitian ini menggunakan 2 metode, yaitu analisa portofolio berfungsi memilih jenis saham cryptocurency yang memberikan keuntungan dengan risiko kecil dan prediksi jenis saham terpilih menggunakan Deep Learning (DL). Untuk memperoleh prediksi akurasi tinggi dilakukan optimalisasi DL dengan mengkombinasikan model LSTM (Long Short Term Memory) dan GRU (Gated Recurrent Unit) ke dalam 5 tipe hidden layer arsitektur DL. Hasil dari penelitian ini yaitu, terpilihnya 3 sahamportofolio BTC-USD, BNB-USD, dan XRP-USD yang mampu memberikan keuntungan dan risiko yang minim, serta hasil prediksi terbaikuntuk BTC-USD dengan epoch = 450, RMSE=375.5336079 dengan arsitektur layer GRU, GRU, GRU, GRU. Portofolio BNB-USD, epoch 40, RMSE=0.8718438 dengan arsitektur layer GRU, GRU, GRU, GRU. Portofolio XRP-USD, epoch 45, RMSE=0.00962406 dengan arsitektur layer GRU, GRU, LSTM, LSTM. Kata Kunci : Cryptocurrency, Deep Learning, GRU, LSTM, Portofolio</p> Adhitio Satyo Bayangkari Karno, Widi Hastomo, Dodi Arif, Eka Sally Moreta Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/299 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0700 PEMODELAN PROSES BISNIS STUDI KASUS MAGISTER TEKNOLOGI INFORMASI KAMPUS XYZ MENGGUNAKAN BUSINESS PROCESS MODEL AND NOTATION (BPMN) https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/303 <p>Didalam sebuah organisasi terdapat gambaran aktifitas yang disebut proses bisnis. Proses bisnis yang tepat dapat mendukung suatu kegiatan organisasi agar berjalan secara optimal. Untuk mencapai target yang diinginkan suatu proses bisnis membutuhkan sebuah permodelan. Salah satu dari bahasa pemodelan grafis yang dapat digunakan di dalam sebuah pemodelan proses bisnis yang terjadi pada sebuah organisasi secara detail dengan aliran informasi salah satunya yaitu Business Process Modelling Notation (BPMN). Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk dapat dengan mudah dimengerti oleh banyak pihak dengan memodelkan proses bisnis pada Kampus XYZ dengan menggunakan BPMN. Metode yang digunakan adalah pemodelan proses bisnis dengan menggunakan konsep BPMN dan juga melalui studi literatur dan obeservasi langsung di lokasi studi kasus. Data yang telah didapatkan kemudian dilakukan analisis prosedur dan digambarkan dalam bentuk diagram. Hasil penelitian diperoleh dari pemodelan sistem manajeman informasi berupa bisnis proses penelitian Kampus XYZ. Kata Kunci : Pemodelan Proses Bisnis, BPMN</p> Eko Tri Asmoro, Mochammad Radja Brojas, L. M. Rasdi Rere Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/303 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0700 APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF, ANGKA, WARNA DAN BANGUN DATAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6.0 https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/300 <p>Pada masa sekarang mobile phone berkembang begitu pesat, hal ini menyebabkan segala sesuatu yang dikerjakan tidak lepas dari peran teknologi. Hal ini dapat dibuktikan dengan fakta bahwa setiap anak saat ini cukup tergantung pada teknologi, hal ini bisa dilihat dari perubahan zaman yang berubah dari zaman sebelunya yang lebih tradisional ke zaman sekarang yang semuanya seperti ketergantungan pada penggunaan komputer dan mobile phone dalam kehidupan sehari-hari. hal ini akan mengakibatkan kemalasan karena kemudahan kemudahan yang telah disediakan oleh teknologi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar anak dengan media pembelajaran yang moveable (mudah dibawa kemana-mana) dan dengan tampilan yang menarik, diharapkan dapat membantu anak mudah menyerap pembelajaran pengenalan yang ada.Metode yang digunakan adalah Studi Pustaka, Adobe Flash Profesional CS 6,dan Kuesioner untuk proses pengenalan huruf, angka dan bangun datar. Kata Kunci : Android, Adobe Flash, Sistem Informasi, Pembelajaran Anak</p> Erni Rihyanti, Dessi Diana, Mohamad Saefudin Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/300 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0700 PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI KATALOG PENJUALAN SABLON BAJU BERBASIS ANDROID https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/297 <p>Sablon ialah sebuah teknik mencetak diatas media berupa kaos, kaca, plastik, dan media yang lainnya. Sedangkan sablon kaos ialah sebuah teknik mencetak diatas media sebuah kaos. Teknologi Augmented Reality(AR) merupakan suatu teknologi untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat melalui komputer. Penggunaan teknologi Augmented Reality berbasis android semakin pesat dijaman modern ini, dengan adanya aplikasi untuk desain sablon yang akan ditampilkan secara virtual dapat digunakan sebagai contoh desain sablon yang pada awalnya di promosikan secara manual dan di rasa kurang menarik pelangan, dengan mengkombinasikan ilmu komputer modern sehingga dapat memperlihatkan desain sablon baju dengan tampilan 3D. Aspek penting yang perlu diperhatikan dalam perancangan teknologi augmented reality yaitu metode yang akan digunakan. Dalam penelitian ini digunakan metode marker based tracking. Pada pengujian aplikasi ini menggunakan User Acceptance Test (UAT) dengan model skala likert kuesioner, jumlah responden sebanyak 20 orang. Hasil pengujian UAT menunjukkan nilai rata-rata prosentase kecocokan desaian dengan marker sebesar 83%. Kata Kunci : Sablon Kaos, Augmented Reality, Marker, Tampilan 3D, UAT (User Acceptance Test)</p> M. Anggi Rizki Abdillah, Anang Aris Widodo, Rudi Hariyanto Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/297 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0700 PEMANFAATAN INTERNET OF THINGS PADA MONITORING PERFORMANCE APPRAISAL SYSTEM https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/301 <p>Sistem monitoring performance appraisal lingkungan perusahaan jasa saat ini diperlukan untuk memberikan penilaian penghargaan dan insentif terhadap pegawai atau pekerja. Khusus pada jasa outsourcing cleaning service, perlu dilakukan monitoring terhadap kinerja pegawai yang melakukan pekerjaan agar dapat mengetahui bahwa pegawai melakukan pekerjaannya dengan pemantauan di wilayah kerja yang menjadi tanggungjawabnya. Pengawasan yang umum dilakukan dengan manual menggunakan form yang dilakukan oleh supervisor/pengawas lapangan dan mengirimkan ke administrasi pada bagian administrasi, namun tidak dapat mendeteksi kondisi sebenarnya pada saat melakukan pekerjaan di lokasi. Dengan memanfaatkan Internet of Things, pegawai akan tercatat saat melakukan pekerjaan di lokasi lengkap dengan kondisi sebelum dan sesudah pekerjaan, kelengkapan seragam pegawai lapangan, serta posisi GPS dan tersimpan pada web database. Hal ini dapat lebih meningkatkan kinerja dari pegawai lapangan dan memastikan pegawai lapangan melakukan pekerjaan di lokasi. Kata Kunci : System, Appraisial, Performance, Monitoring, Internet of Things</p> Hammam Huwaidi; Mochammad Radja Brojas, Tb. M. Adrie Admira, Indra Sari Kusuma Wardhana Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/301 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0700 KEMAMPUAN LONG SHORT TERM MEMORY MACHINE LEARNING DALAM PROYEKSI SAHAM BANK BRI TBK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/302 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proyeksi akurasi saham Bank BRI Tbk, menggunakan long short therm memory [lstm] machine learning dan arima statistik, data yang digunakan sejumlah 3717 data harga penutupan, dalam rentang waktu dari tanggal 18 april 2005 sampai dengan 30 maret 2020 data tersebut dihimpun dari finance.yahoo.com. Hasil terbaik dari penelitian ini yaitu nilai yang dihasilkan lstm dengan root mean squre error [rmse]1%, dibandingkan nilai rmse dari arima yaitu 2.46%. Hasil dari proses testing menghasilkan akurasi yang tinggi mencapai 99%. Pada penelitian selanjutnya bisa ditambahkan methode yang lain seperti polynomial, K-nearest neighbors (KNN) atau dapat menambah internal dan eksternal faktor, Isu-isu terkini semisal pandemik covid-19 yang lebih detail. Kata Kunci : Long Short Term Memory Machine Learning</p> Widi Hastomo, Aminudin, Adhitio Satyo Bayangkari Karno Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/302 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0700 ANALISIS STUDI PELACAKAN (TRACER STUDY) TERHADAP LULUSAN PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI STMIK JAKARTA STI&K https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/298 <p>Permasalahan ukuran tercapainya mutu penyelenggaraan pendidikan yang sering dihadapi oleh perguruan tinggi adalah kurangnya informasi mengenai keberhasilan lulusan, perubahan dan kebutuhan akan kemampuan dan kapabilitas lulusan yang sesuai dengan kondisi kebutuhan di dunia praktis yang kompleks melalui pendapat para lulusan., belum adanya profil lulusan pada program studi dan kurangnya informasi pada database lulusan yang kurang memadai. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui profil lulusan prodi S1 Sistem Informasi dari hasil penilaian yang dilakukan baik oleh lulusan mengenai mutu penyelenggaraan pendidikan maupun oleh stakeholders terhadap kompetensi lulusan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan studi pelacakan (tracer study) yang dilakukan dengan tahapan survey. Sumber data penelitian ini adalah 130 lulusan prodi S1 Sistem Informasi tahun 2015. Dengan pendekatan deskriptif, studi ini memperoleh gambaran mengenai karir lulusan yang mencakup masa tunggu kerja pertama, posisi pekerjaan, kesesuaian bidang kerja dengan bidang studi, keterampilan lulusan dan masukan lulusan untuk pengembangan kurikulum program studi ke depan serta masih banyak lagi indikator – indikator lainnya untuk melakukan pemetaan lulusan. Hasil penelitian menunjukkan rerata IPK lulusan prodi S1 Sistem Informasi tahun 2015 adalah 3.09, lama studi antara 4,5 – 5 Tahun dan lama waktu tunggu untuk memperoleh pekerjaan pertama antara 3 – 6 bulan dengan pendapatan gaji antara 5 - 5.2 juta / bulan. Penilaian lulusan terhadap aspek pembelajara, pengalaman belajar, keterlibatan dalam penelitian termasuk baik, sedangkan penilaian lulusan tentang fasilitas, perkuliahan cukup baik. Penilaian stakeholders terhadap lulusan dalam hal integritas, keahlian bidang ilmu, kemampuan mengatasi permasalahan, kemampuan komunikasi dan bekerjasama termasuk dalam kategori baik, sedangkan kemampuan lulusan dalam berbahasa inggris tergolong cukup baik. Kata Kunci : Lulusan, Tracer Study, Kompetensi, Perguruan Tinggi, Sistem Informasi</p> Rahayu Noveandini, Maria Sri Wulandari, Abdul Hakim Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/298 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0700 RANCANG BANGUN APLIKASI MIGRASI DATA UNTUK SINKRONISASI DATABASE ANTAR SUB SISTEM (STUDI KASUS SISTEM UJIAN STMIK JAKARTA STI&K) https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/312 <p>Institusi yang besar biasanya terdiri dari sub-sub system yang bisajari terdapat perbedaan cara kerja dan perangkat yang digunakan. Perbedaan perangkat tersebut akan menghasilkan output yang berbeda format sehingga tentu akan menyulitkan sinkronisasai data. Penelitian ini memfokuskan pada kasus tersebut yaitu bagaimana memecahkan masalah perbedaan data yang dihasilkan antar sub system sehingga mudah untuk diintegrasikan satu sama lain. Pengembangan ini memiliki tujuan utama untuk menciptakan sebuah sistem informasi baru, dimana terdapat integrasi antar modul-modul yang terpisah. Namun, perancangan dan pembangunan menimbulkan masalah baru dari sisi database. Database antar subsistem memiliki struktur yang berbeda. Aplikasi migrasi data hasil penelitian ini telah dilengkapi dengan fitur pemetaan yang mampu memetakan database sampai level field. Aplikasi hasil penelitian ini merupakan aplikasi berbasis web. Kecepatan migrasi dari aplikasi hasil penelitian ini sangat bergantung dengan kecepatan koneksi Internet. Proses migrasi data, aplikasi ini menggunakan tiga tahapan, yaitu ekstraksi data, transformasi data dan loading data. Kata Kunci : Database, Migrasi, Konversi, Mysql, PHP, Web</p> Eko Tri Asmoro, Sri Mardiyati Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/312 Mon, 12 Oct 2020 00:00:00 +0700 PEMBUATAN WEBSITE DNA ANIMAL CLINIC MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN MYSQL https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/313 <p>Kesehatan merupakan sebuah kondisi ataupencapaian yang sangat diidamkan oleh setiap makhluk hidup baik manusia maupun hewan yang terkadang bisa mengalami sakit.Selain itu hewan peliharaan bagi sebagian orang sudah menganggap bahwa hewan peliharaannya itu sebagai bagian dari anggota keluarga tersebut yang butuh perhatian dan kasih sayang.DNA Animal Clinic merupakan penyedia jasa yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan dan perawatan hewan peliharaan. Permasalahan yang terjadi pada jasa klinik hewanDNA Animal Clinic adalah karena masih manualnya pelayanan pendaftaran bagi pengguna jasa yang ingin mendapatkan pelayanan khususnya salon dan grooming untuk hewan peliharaannya sehinggamembuat waktunya tidak efektif dan efisen serta terbatasnya kapasitas yang tersedia. Solusi dari permasalahan ini perlu dibuat suatu sistem informasi bagi para pengguna jasa untuk melakukan pemesanan tempat atau reservasididalam website. Dimana nantinya para pengguna jasa tidak lagi harus datang terlebih dahulu ke tempat atau tidak perlu lagi khawatir bila sampai tidak mendapatkan pelayanan.Strategi dalam analisis dan perancangan sistem menggunakan metode Unified Modeling Language (UML) untuk pemodelan sistemnya. Kata Kunci : Website, Klinik Hewan, PHP, MYSQL</p> Ani Rachmaniar, Kokoy Rokayah Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/313 Mon, 12 Oct 2020 00:00:00 +0700 SISTEM PENGGERAK PANEL SURYA OTOMATIS MENGIKUTI CAHAYA MATAHARI BERBASIS ARDUINO UNO https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/314 <p>Listrik merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan dalam kalangan masyarakat. Di era maju saat ini energi dari matahari juga dapat dirubah menjadi energi listrik dengan bantuan teknologi dengan menggunakan panel surya sebagai penangkap energi dari matahari tersebut. Panel surya ini akan mengikuti arah matahari dan merubah energi matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan proses fotovoltaik. Panel surya otomatis dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan teknologi yang dirancang menggunakan beberapa komponen. Perancangan alat yang digunakan yaitu Arduino uno sebagai pengendali juga pemroses, LDR (Light Dependent Resistor) sebagai penerima energi matahari juga yang memberikan arah dari posisi matahari, menghasilkan keluaran berupa putaran motor servo sehingga panel surya dapat mengikuti matahari. Kata Kunci : Panel Surya, Arduino, LDR, Servo</p> Sashmita Salsabeela, Mochammad Radja Brojas, Widi Hastomo, Reinhard Alexander Kupa Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/314 Mon, 12 Oct 2020 00:00:00 +0700 PRESENSI STAF BERBASIS PENGENALAN WAJAH (STUDI KASUS DI STMIK JAKARTA STI&K) PENERAPAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/315 <p>Presensi staf di suatu instansi berfungsi sebagai alat untuk membuktikan kehadiran staf di instansi dimaksud. Metode presensi staf tradisional yang berupa tanda tangan manual ke suatu buku presensi atau berupa check-clock rentan untuk dimanipulasi. Oleh karena itu perlu diterapkan system alternative, salah satunya adalah presensi berbasis pengenalan wajah (face recognition). Metode ini cukup sulit untuk dimaninpulasi karena wajah antara manusia tidak sama (kecuali kembar), sehingga satu wajah dapat direlasikan kepada satu identitas orang yang unik dan cocok digunakan untuk system presensi staf. Artikel ini membahas mengenai langkah yang diperlukan untuk menerapkan presensi staf berbasis pengenalan wajah menggunakan metode Eigenface. Sebuah program presensi pengenalan wajah berbasis Eigenface telah dikembangkan dan dilaksanakan di STMIK Jakarta STI&amp;K. Kata Kunci : Face Recognition, Presensi Staf. HCI</p> Tb. M. Adrie Admira, Febianto Arifien Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/315 Mon, 12 Oct 2020 00:00:00 +0700 KINERJA MODEL PERAMALAN SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING DAN DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING DALAM MEMPREDIKSI HARGA EMAS HARIAN https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/316 Mohamad As’ad, Sujito, Sigit Setyowibowo Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/316 Mon, 12 Oct 2020 00:00:00 +0700 METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER DENGAN TEXTBLOB UNTUK ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PELAYANAN INDIHOME DAN FIRST MEDIA https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/317 <p>Media sosial saat ini menjadi media online yang banyak diakses oleh masyarakat. Salah satu jejaring sosial yang banyak digunakan adalah Twitter, yang memungkinkan pengguna untuk menulis tentang berbagai ulasan terhadap suatu produk, jasa layanan, tokoh publik dan sebagainya. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh suatu perusahaan untuk melihat opini atau sentimen masyarakat terhadap produk/layanan mereka, yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan layanan/produk perusahaan yang bersangkutan. Memanfaatkan data tweet dari Tweeter, penelitian ini diselenggarakan untuk mengetahui sentimen publik mengenai layanan yang diberikan oleh dua vendor Internet Service Provider (ISP) di Indonesia yaitu Indihome dan First Media. Sentimen diklasifikasi menjadi dua kelas yaitu positif dan negatif menggunakan metode Naive bayes classifier, dimana text-preprocessing diterapkan dalam menangani penulisan tweet yang tidak baku. Secara khusus, pustaka Textblob untuk Python digunakan untuk melakukan proses klasifikasi sentimen. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa sentimen negatif paling banyak ditemukan dalam menanggapi pelayanan yang diberikan oleh kedua ISP. Hasil dari metode naïve bayes dalam penelitian ini memperoleh nilai Recall 66 %, Precision 83 % dan Accuracy 74 %. Kata Kunci : analisis sentimen, klasifikasi teks, naïve bayes, twitter</p> Navi Atri Lestari, Tubagus Mohammad Akhriza, Eka Yuniar Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/317 Mon, 12 Oct 2020 00:00:00 +0700 DESIGNING AN INFORMATION SYSTEM INTEGRATION ENTERPRISE ARCHITECTURE WITH THE TOGAF FRAMEWORK IN THE OIL AND GAS BUSINESS UNIT CASE STUDY: PT PWS https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/318 <p>PT. Pacific Well Services (PWS) was originally a service company for upstream oil and gas activities. As time went on, PWS changed its function to become an oil and gas field management company. The current problem is that the data system in PWS is still not standardized and manual, resulting in difficulty in consolidation and information. Besides, along with the increasing number of business units at PWS, data management is getting higher.Many applications are used in data processing and management at PWS, but the information generated is not integrated with a container, so management requires various teams to summarize these results to assess company performance, portfolios, and other decisions. The purpose is to design an Enterprise Architecture (EA) system that can summarize and integrate data of various sources to meet company management needs. In building an EA design based on The Open Group Architecture Framework (TOGAF) with a system architecture design based on Service Oriented Architecture (SOA). The TOGAF framework is through (1) selection of the reference model, viewpoints, and tools; (2) creating a description of the current architecture (baseline architecture); (3) creating a description of the target architecture; (4) implementation of gap analysis; (5) determining the components of the roadmap proposal; (6) settlement of impacts across the architectural landscape; (7) formal stakeholder review; (8) finalize the architecture; and (9) making architectural definition documents. The research was conducted by interviewing the parties where the case studies were conducted, collecting data in the form of related documents such as technical documents, supply chain, administration, finance, legal, projects, portfolios, and other related documents. From this study can be concluded that (1) the resulting informatian system architecture will be used in PWS; (2) the solution implementation is proposed to be carried out in stages, starting with support activities and then the main activities to minimize risks that may harm the company’s business operations; (3) Application of Data Warehouse and Business Intelligence is a solution to facilitate PWS to report and analyze information for internal and external company needs. Keywords : Information System Architecture, Upstream Oil, and Gas Industry.</p> Ervina Nisfiani, Mochammad Radja Brojas, Widi Hastomo Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/318 Mon, 12 Oct 2020 00:00:00 +0700 SISTIM PENGENALAN WAJAH MANAHASISWA BERBASIS SMARTPHONE ANDROID DENGAN METODE EIGENFACE (STUDI KASUS: STMIK PPKIA PRADNYA PARAMITA MALANG) https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/319 <p>Memasuki Revolusi Industri 4.0, maka segala hal yang berhubungan dengan teknologi pembelajaran konvensional bisa dialihkan ke pembelajaran digital. Salah satunya adalah sistim presensi. Pembelajaran digital yang akan dijadikan penelitian disini adalah mengubah metode konvensional penggunaan kertas untuk presensi ke metode digital yaitu Sistim Presensi Berbasis Android. Metode yang digunakan adalah metode Eigenface. Metode Eigenface berfungsi untuk menghitung eigenvalue dan eigenvector yang akan digunakan sebagai fitur dalam melakukan pengenalan. Metode euclidean distance digunakan untuk mencari jarak dengan data fitur yang telah didapat, dan jarak terkecil adalah hasilnya. Eigenface adalah suatu metode pengenalan wajah yang berdasarkan pada algoritma Principal Component Analysis (PCA). Data penelitian yang digunakan adalah citra digital dari wajah 20 responden mahasiswa dengan masing-masing 5 citra wajah dengan 5 perlakuan yang berbeda. Hasil pengujian tingkat keakuratan pengenalan wajah dengan metode Eigenface yang diimplementasikan pada perangkat smartphone android dalam penelitian ini, menunjukkan hasil akurasi berdasarkan posisi wajah sebesar 70%; berdasarkan tingkat pencahayaan sebesar 90%; berdasarkan mimik muka sebesar 80% dan akurasi berdasarkan atribut Kacamata pada wajah sebesar 90%. Rata-rata tingkat akurasi pengenalan wajah menggunakan metode Eigenface sebesar 80%. Performa akurasi yang cukup baik tersebut membuktikan bahwa menggunakan metode yang diusulkan dalam penelitian ini dapat menjadi metode alternatif untuk pengenalan wajah secara digital. Kata Kunci : Android, Eigenface, Pengenalan Wajah, Principal Component Analysis</p> Feriyal Septiawan Susanto, Mahmud Yunus, Linda Suvi Rahmawati Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/319 Mon, 12 Oct 2020 00:00:00 +0700 SISTEM KEAMANAN PINTU PORTAL PADA PERUMAHAN DENGAN RFID MENGGUNAKAN NODEMCU BERBASIS WEBSITE https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/320 <p>Sistem Keamanan Pintu Portal Pada Perumahan Dengan RFID (Radio Frequency Identification) Menggunakan NodeMCU Berbasis Website merupakan sebuah sistem yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penghuni perumahan. Tujuan dari perangkat ini adalah untuk membuat pintu portal pada gerbang perumahan terbuka dan tertutup secara otomatis dan juga dapat memonitoring kendaraan yang masuk maupun keluar perumahan yang dapat dilihat melalui website. Mikrokontroler yang digunakan pada sistem ini adalah NodeMCU ESP8266. Komponen yang digunakan yaitu dua buah RFID reader, dua buah Sensor IR Obstacle, dua buah motor servo dan dua buah buzzer. Cara kerja dari sistem ini adalah dengan menempelkan kartu RFID yang sudah terdaftar pada database, maka pintu portal akan terbuka dan data pengguna RFID yang sudah terdaftar tersebut akan di tampilkan pada web. Apabila kartu RFID itu salah atau belum terdaftar maka buzzer akan berbunyi dan portal tidak akan terbuka secara otomatis dan untuk menutup pintu portal secara otomatis menggunakan sensor IR Obstacle. Kata Kunci : Pintu Portal, RFID, NodeMCU, Website</p> Fika Husna Amalina Mubarok, Muhammad Subali Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/320 Mon, 12 Oct 2020 00:00:00 +0700 ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BEHAVIORAL INTENTION PADA ONLINE MARKETPLACE MENGGUNAKAN MODEL UTAUT(STUDI KASUS : SHOPEE) https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/321 <p>Sebuah survei yang dilakukan oleh APJII(Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) pada tahun 2018 menyebutkan bahwa 58,8% pengguna internet di Indonesia mengaku tidak pernah melakukan transaksi di online marketplace. Salah satu alasan mengapa masyarakat tidak pernah melakukan transaksi online adalah masyarakat belum bisa menggunakan aplikasi online marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi behavioral intention pada online marketplace khususnya Shopee menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology(UTAUT) yang terdiri dari empat konstruk utama yaitu performance expectancy, effort expectancy, social influence dan facilitating conditions. Sampel pada penelitian ini berjumlah 150 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, variabel effort expectancy dan facilitating conditions memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioral intention. Kata Kunci : behavioral intention, online marketplace, UTAUT</p> Krisna Wijaya, Eva Handriyantini Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/321 Mon, 12 Oct 2020 00:00:00 +0700 IMPLEMENTASI JARAK ANTAR MINUTIAE MENGGUNAKAN METODE EUCLIDEAN DISTANCE UNTUK PEMBENTUKAN DATASET FITUR SIDIK JARI https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/322 <p>Garis-garis melingkar yang terdapat diujung setiap jari manusia disebut dengan sidik jari.Didalam garis-garis yang tampak seperti terhubung sesungguhnya adalah garis yang terputus dan bercabang.Garis yang terputus dan bercabang ini dikenal dengan istilah ridge.Ujung garis yang terputus disebut titik akhir (ridge end) dan titik dimana mulainya percabangan disebut titik percabangan (ridge bifurication). Kedua titik dalam sidik jari ini diistilahkan dengan minutiae. Pada umumnya penelitian tentang sidik jari kebanyakan menggunakan minutiae sebagai fiturnya (minutiae based). Penelitian ini bertujuan untuk membentuk dataset fitur sidik jari berdasarkan jarak antar minutiae. Perhitungan jarak antar minutiae dalam penelitian ini menggunakan metode euclidean distance. Euclidean distance adalah suatu metode pencarian kedekatan nilai jarak dari dua titik (x, y) dan (x1, y1). Data yang digunakan bersumber dari dataset “LivDet 2015 - Fingerprint liveness detection competition 2015,”. Penelitian yang dilakukan telah menghasilkan dataset berisi fitur jarak antar minutiae untuk sekumpulan sidik jari. Kata Kunci : Sidik Jari,Ridge, Minutiae, Eucludean Distance, LivDet2015</p> Hariyanto, Sunny Arief Sudiro, Saepul Lukman Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/322 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700 ANALISA SEGMENTASI WARNA HSV PADA CITRA VIDEO DENGAN METODE THRESHOLD https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/323 <p>Segmentasi warna merupakan proses salah satu metode dengan membagi citra dan memisahkan antara objek pada citra dengan background citra tersebut berdasarkan ciri warna tertentu dari sebuah objek. Proses segmentasi warna citra yaitu dengan cara melakukan konversi perubahan citra warna merah, hijau dan biru (RGB) menjadi citra warna HSV (Hue, Saturation, Value). Dalam penelitian ini proses segmentasi citra warna dilakukan dengan Metode yang menggunakan nilai Batas ambang (Threshold). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisa segmentasi dengan metode batas ambang ini memperhitungkan nilai rata-rata Hue pada titik kordinat yang diberi label untuk menentukan kelompok warna yang paling dominan pada sebuah citra video yang nantinya dapat digunakan pada proses berikutnya dalam berbagai kebutuhan pengolahan citra video. Kata Kunci : segmentasi,citra video, warna, HSV, Threshold</p> Irfan, Susi Widayati, Ire Puspa Wardhani Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/323 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700 ANALISIS DAN PERBANDINGAN STEMMING ALGORITMA PORTER DENGAN ALGORITMA AHMAD YUSOFF SEMBOK DALAM DOKUMEN TEKS BAHASA INDONESIA https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/324 <p>Stemming adalah proses untuk mengklasifikasi berbagai macam variasi morfologikal dari sebuah kata maupun kalimat menjadi satu bentuk dasar yang sama. Di dalam stemming berbahasa Indonesia, terdapat dua jenis metode stemming yang sudah ada, yaitu algoritma stemming yang berbasis kamus (dictionary based) dan algoritma stemming yang berbasis non-kamus (purely rule based). Penelitian ini menggunakan model perbandingan dua algoritma stemming berbasis kamus dan algoritma stemming menggunakan aturan imbuhan. Algoritma yang digunakan adalah algoritma Porter Indonesia untuk yang berbasis kamus. Algoritma stemming berbasis aturan imbuhan yang digunakan adalah algoritma Ahmad Yusoff Sembok. Pengujian dilakukan dengan menggunakan 100 dokumen teks Bahasa Indonesia yang sudah ditentukan sebelumnya. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai Akurasi yang paling tinggi terdapat pada algoritma Porter, nilai Overstemming dan Understemming yang paling sedikit juga terdapat pada algoritma Porter. Dari pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa algoritma Porter lebih baik daripada Algoritma Ahmad Yusoff Sembok. Kata Kunci : Information Retrieval, Stemming, Akurasi, Overstemming dan Understemming</p> Arif Siswandi, Nurhadi Surojudin Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/324 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700 PENGGUNAAN MODEL KLUSTERISASI DENGAN METODE K-MEANS UNTUK MENDETEKSI AKTIVITAS PENGGUNA WEB MENGGUNAKAN RAPIDMINER BERDASARKAN USER-AGENT-BASED STUDI KASUS PADA APLIKASI-APLIKASI PADA STMIK JAKARTA STI&K https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/325 <p>Permasalahan interoperabilitas mendeteksi ketidakcocokan antar hubungan yang tidak standar.Hypertext transfer protocol (HTTP) telah menjadi standar de facto untuk protokol lapisan aplikasi transport seperti JSON, SOAP, gaming, voice over IP, video streaming dan perangkat lunak lainnya. Penelitian ini difokuskan pada HTTP user-agent (UA), yang dikirim oleh browser web ke server web untuk menyampaikan sistem operasi, jenis dan versi browser client, mesin render dan nama aplikasi dalam hal lalu lintas dari perangkat seluler. Tantangan utamanya adalah desain fitur ekstensi yang dapat membantu membedakan ekstensi berbahaya. Pembelajaran mesin teknik seperti K-means dan FCM clustering algoritma menggunakan alat RapidMiner digunakan untuk melakukan analisis, data log akses web berdasarkan UA (User-Agent) yang telah dikumpulkan melalui internet.Dengan menganalisis kode sumber dan aktivitas ekstensi selama runtime,Server web menggunakan informasi tersebut untuk menyesuaikan respons mereka terhadap browser web untuk rendering yang tepat. Sehingga dapat dibedakan kelompok atau kluster yang memiliki anggota yang sedikit untuk dapat diproses lebih lanjut apakah kelompok tersebut memiliki standar format yang sesuai atau tidak. Kata Kunci :Interoperabilitas, User-Agent, HTTP, K-Means, RapidMiner</p> Febianto Arifien Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/325 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700 RANCANG BANGUN APLIKASI PEMILIHAN DAN PERHITUNGAN SUARA KETUA DAN WAKIL OSIS DI SMK PLUS AL-MUSYARROFAH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/326 <p>Aplikasi Pemilihan dan Perhitungan Suara Ketua Dan Wakil OSIS Pada SMK Plus Al Musyarrofah untuk mempermudah pengurus OSIS dalam melakukan proses pemilihan dan perhitungan suara ketua dan wakil OSIS. Pembuatan aplikasi berbasis web ini menggunakan perangkat lunak Sublime Text, XAMPP dan Google Chrome, bahasa pemrograman yang digunakan HTML, PHP, JavaScript, jQuery dan MySQL. Dibuatnya Aplikasi Pemilihan dan Perhitungan Suara Ketua dan Wakil OSIS diharapkan mampu meminimalisir pekerjaan panitia OSIS dalam program kerja pemilihan dan perhitungan suara, dan juga mempermudah siswa sebagai pemilih dalam pemilihan ketua dan wakil OSIS di SMK Plus Al – Musyarrofah. Kemudahan aplikasi ini diharapkan mampu menghasilkan data yang efisien dan akurat. Kata Kunci : Aplikasi Web, Rapid Application Development, Pemilihan, Perhitungan Suara.</p> Eriek Orlando, Diyah Ruri Irawati, Saepul Lukman Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/326 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700 PENERAPAN ENTERPRISE ARCHITECTURE UNTUK LABORATORIUM SISTEM KOMPUTER KAMPUS XYZ DENGAN FRAMEWORK TOGAF ADM https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/327 <p>Arsitektur sistem informasi merupakan acuan standar yang nantinya dapat digunakan oleh organisasi untuk mengembangkan sistem informasi yang terintegrasi. Salah satu manfaat dari penerapan Enterprise Architecture adalah terciptanya keselarasan antara bisnis dan teknologi informasi untuk kebutuhan organisasi, selain itu arsitektur sistem informasi juga merupakan implementasi teknologi dengan manajemen yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja kampus dan terintegrasi dari arah strategis, arus informasi, sumber daya teknologi, dan praktik bisnis. Penelitian ini menggunakan metode TOGAF ADM untuk membuat cetak biru pada kampus XYZ di Laboratorium Sistem Komputer, pembuatan cetak biru terbatas hingga teknologi arsitektur. Harapannya mampu membuat optimasi pada pengguna Teknologi Informasi (TI) yang lebih efisien dalam mencapai tujuan dan kualitas program studi SK agar tetap berkelanjutan. Kata Kunci : Enterprise architecture laboratorium SK, TOGAF ADM laboratorium</p> Saputro Dwi Novianto, Mochammad Radja Brojas, Widi Hastomo, Sudjiran Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/327 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700 PENGEMBANGAN STRUKTUR KONTEN ARTIKEL BERBASIS SEARCH ENGINE OPTIMIZATION UNTUK MENINGKATKAN RANKING HALAMAN WEB DI GOOGLE SEARCH ENGINE https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/328 <p>Halaman hasil pencarian Google atau Google Search Engine Result Page (SERP) menjadi medan persaingan bagi website karena bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung secara organik. Google menerapkan metode untuk memilih konten artikel yang paling relevan untuk ditampilkan pada Search Engine Result Page. Konten artikel tersebut memiliki struktur yang dianggap mengandung informasi terbaik untuk ditampilkan pada user. Oleh karena itu, terdapat tools yang menerapkan kaidah Search Engine Optimization dengan memberikan rekomendasi struktur konten artikel berdasarkan website lain yang meriah posisi di halaman Search Engine Result Page. Salah satunya adalah Page optimizer Pro Untuk mengetahui apakah rekomendasi tersebut bisa meningkatkan ranking di Google Search Engine Result Page maka dilakukan pengujian dengan membandingkan dengan konten artikel yang diterbitkan tanpa mengacu pada rekomendasi dari tools tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa artikel yang dibuat dengan mengacu pada rekomendasi dari Tools tersebut bisa lebih cepat deindex oleh Google Search Engine dan dapat meningkatkan ranking. Kata Kunci : search engine optimization, content article,website, wordpress, page optimizer</p> Febri Romadon, Tubagus Mohammad Akhriza, Dwi Safiroh Utsalina Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/328 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700 PENGEMBANGAN WEB PORTAL MAHASISWA DENGAN METODE GAMIFIKASI UNTUK MENUNJANG PORTOFOLIO SKPI https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/329 <p>STMIK PPKIA Pradnya Paramita sudah memiliki web portal mahasiswa yang berfungsi untuk proses KHS, KRS, Jadwal Kuliah, Biodata Mahasiswa dan SKPI. Pengunaan web portal mahasiswa untuk proses KHS dan KRS sudah berjalan dengan baik, namun untuk SKPI belum. Menurut sekretaris program studi di STMIK PPKIA Pradnya Paramita, 100% mahasiswa tidak ada yang mengisi formulir SKPI semasa mereka kuliah. Mahasiswa mengisi formulir SKPI ketika kelulusan karena terpaksa sebagai syarat penerbitan Ijazah. Menurut admin portal mahasiswa, 100 % mahasiswa tidak mengisi formulir SKPI yang disediakan di web SKPI. Berdasarkan angket terhadap mahasiswa STMIK PPKIA Pradnya Paramita, didapat hasil bahwa 100% mahasiswa tidak pernah mengisi formulir SKPI yang disediakan di web, dari mahasiswa tersebut, 80% karena malas, 20% karena tidak ada data. Untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dan ketersediaan data dalam penerbitan SKPI, maka diusulkan pengembangan web portal mahasiswa yang dapat menarik mahasiswa untuk menggunakan web poral mahasiswa tidak hanya sekedar KRS dan KHS saja, tetrapi juga untuk SKPI dan hal lainnya. Selain itu perlu ditambahkan fitur di web portal mahasiswa seperti poin, level, leaderboard seperti layaknya aplikasi permainan. Web SKPI dengan menerepkan metode gamification dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dan mendukung penerbitan SPKI. Kata Kunci : SKPI, Gamifikasi, Partisipasi, Portal Mahasiswa</p> Samsul Arifin, Dinny Wahyu Widarti Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/329 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700 TEKNIK PENYEIMBANG BEBAN JARINGAN KOMPUTER https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/330 <p>Sistem informasi berbasiskan teknologi komunikasi dan komputer saat ini merupakan tulang punggung beroperasinya berbagai institusi. Skala atau besar kecilnya institusi mencerminkan kompleksitas teknologi informasi yang digunakan dan pasti terdiri dari jaringan komputer. Salah satu aspek yang harus terpenuhi adalah ketersediaan layanan sistem, dan hal ini sangat dipengaruhi oleh keseimbangan beban dan server. Teknik dan alat bantu penyeimbang beban dalam jaringan diperlukan untuk meningkatkan layanan jaringan komputer beberapa diantaranya adalah httpperf, IPTables, HAProxi dan PoundLinks. Kata Kunci : server, beban, balancing, jaringan komputer.</p> Yeriko Mardji, Azhari, Sunny Arief Sudiro Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/330 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700 GAME ACTION SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TOPENG MALANGAN https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/331 <p>Topeng Malangan merupakan budaya asli kota Malang yang, dengan tarian yang membawakan kisah original dari Indonesia dan dengan variant topeng yang lebih banyak dibanding dengan tari topeng dari daerah lain. Saat ini Topeng Malangan dapat dinikmati melalui pertunjukan langsung, video pertunjukan yang ada pada internet, sosial media, komik, atau game mengenai Topeng Malangan. Dalam perkembangan teknologi saat ini, game merupakan media yang sangat diminati oleh masyarakat dari semua kalangan. Berbeda dengan media-media yang lain, game memberikan kesempatan langsung kepada audience untuk berinteraksi dengan object atau cerita yang ada didalamnya. Namun saat ini game yang membawakan Topeng Malangan masih sangat kurang, dan dari beberapa game yang beredar di internet hanya mengenalkan topeng-topeng yang ada pada Topeng Malangan saja, tanpa mebawakan cerita seperti layaknya pementasan. Penelitian ini bertujuan untuk membawakan game dengan genre action sebagai upaya pemberian media pengenalan Topeng Malangan kepada masyarakat. Game action ini akan membawakan cerita berjudul “Rabine Panji” yang merupakan salah satu judul cerita dalam pementasan Topeng Malangan. Kata Kunci : Topeng Malangan, Game Action, 3D</p> Roy Nasrul Akbar, Tubagus Mohammad Akhriza, Samsul Arifin Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/331 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700 PENDEKATAN BISNIS MODEL CANVAS UNTUK KAMPUS BERKELANJUTAN https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/332 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan era digital transformasi pada rencana strategi;(a) penelitian unggul serta (b) peningkatan kualitas lulusan di kampus 123 program studi MTI. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder, pengumpulan data melalui FGD dengan narasumber. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode BMC dan SWOT, keterkaitannya adalah bahwa SWOT dapat membantu mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi organisasi dalam proses penerapan pada sembilan elemen BMC. Langkah selanjutnya dari sembilanelemen BMC dikombinasikan dengan pendekatan SWOT yang menghasilkan formulasi strategi baru guna mendukung implementasi strategi serta kampus yang berkelanjutan. Kata Kunci : Bisnis Model Canvas, Berkelanjutan</p> Widi Hastomo, L. M. Rasdi Rere, Soegijanto Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/332 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700 EFEKTIFITAS MEDIA SOSIAL VERSUS MEDIA ELEKTORNIK PADA IMPLEMENTASI PENYEBARAN INFORMASI BAHAYA LIMBAH KANTONG PLASTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/333 <p>Kantong plastik untuk barang belanjaan menjadi masalah lingkungan yang serius di Indonesia. Penggunaan kantong plastik tersebut di setiap toko, pasar tradisional, atau pasar modern meningkatkan jumlah limbah yang sulit terdegradasi di lingkungan. Masalah lingkungan tersebut mendorong pemerintah menyusun kebijakan pengurangan penggunaan kantong plastik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh news sharing di social media dan electronic media terhadap rekognisi masalah tentang bahaya kantong plastik berdasarkan perspektif konsumen. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan kuisioner online yang diisi oleh 306 responden. Pengujian model empiris menggunakan Structural Equation Model dengan lima latent variable yang diukur dengan 5-point likert scale. Measurement model cukup baik berdasarkan hasil Confirmatory Factor Analysis dan structural modelnya dapat diterima berdasarkan nilai parameter Goodness of Fit. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan penyebaran berita mengenai bahaya kantong plastik di media sosial berpengaruh signifikan terhadap peningkatan eco-literacy, sedangkan pengaruh news sharing di Radio, TV, government website, atau electronic media lainnya tidak terbukti. Sustainability Orientation tidak dipengaruhi oleh news sharing di Social media dan Electronic Media. Problem recognition dipengaruhi sangat signifikan oleh eco-literacy dan sustainability orientation. Salah satu implikasi penelitian ini adalah pemerintah atau pemerhati lingkungan perlu membuat program edukasi publik atau kampanye secara masif mengenai bahaya kantong plastik dengan memanfaatkan media sosial. Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menggunakan model prilaku konsumen yang dapat dijadikan dasar dalam menyusun kebijakan yang efektif dalam pengurangan kantong plastik di Indonesia. Kata Kunci : media sosial, media elektronik, pengetahuan lingkungan, orientasi kelestarian</p> Edi Pranoto, Desy Diana, Eka Sally Moreta Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/333 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700 PERHITUNGAN PENILAIAN SERTIFIKASI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MAKARYA 1 DENGAN METODE SIMPLE ADDITVE WEIGHTING (SAW) BERBASIS WEBSERVER https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/334 <p>Pengajar atau guru profesional dapat meningkatkan kualitas mutu ajar suatu intitusi pendidikan dan untuk menjamin guru profesional di butuhkan sertifikasi guru untuk membantu institusi dalam pemilihan guru profesional, maka perlu dilakukan pengembangan sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan di lingkungan sekolah, melalui website yang di buat dengan menggunakan software aplikasi pendukung PHP dan SQL. dari hasil program aplikasi yang telah di buat dan di implementasikan melalui uji program, dapat sebagai penunjang pengambilan keputusan bagi para pengguna khususnya para guru sertifikasi saat ini dan di saat yang akan datang. mengembangkan manajemen webserver menggunakan aplikasi Sublime Text 3 sebagai text editor, dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Dari metode SAW dapat tersaji informasi presentase perhitungan dari setiap poin dalam pelaporan sertifikasi guru. Pada Sekolah Menengah Kejuruan Makarya 1, ada 11 orang guru telah tersetifikasi hal tersebut dapat mencerminkan kualitas mutu ajar di suatu intitusi, dengan mengunakan metode Simple Additive Weighting didapatkan cara pengelompokan kriteria dan bobot, dan melakukan normalisasi, penilaian sertifikasi guru dirasa sudah memenuhi aspek objektifitas, selanjutnya dirancang Flow Of Document (FOD) sesuai kebutuhan yang sedang berjalan saat ini. Dari data yang diperoleh maka rancangan website penilaian dengan menggunakan PHP dan MSQL, hasil pengolahan data, tersimpan didalam database, selanjutnya dilakukan proses pembuatan laporan secara berkala. Hasil uji coba yang di implementasikan, merekomendasi, pelaksanaan penilaian sertifikasi mengunakan perangkat keras Notbook dan browser Mozilla FireFox lebih baik di bamdingkan dua browser lainnya, yaitu Google Chrome dan Microsoft Edge dalam hal kecepatan akses. Kedepannya Institusi dapat menambahkan fitur sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, jika diperlukan sesuai rambu-rambu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Kebudayaan. Para pengembang apikasi penilaian dapat memodifikasi dengan kreatifitas diri, mampu menghasilkan aplikasi yang tidak hanya untuk platform website saja tetapi juga untuk platform lain. Kata Kunci : Sertifikasi, Guru, SAW, Website, Browser</p> Dimas Bergas Dewantoro, Fitri Sjafrina Copyright (c) 2020 Prosiding SeNTIK https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/334 Tue, 13 Oct 2020 00:00:00 +0700