ANALISA APLIKASI LINGODEER BERDASARKAN PRINSIP DAN PARADIGMA IMK MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIC

Authors

  • Yudhi Supriadi STMIK Jakarta STI&K
  • Hilman Ginanjar Ardiansyah STMIK Jakarta STI&K
  • Nur Cahyo Hadi STMIK Jakarta STI&K

Keywords:

LingoDeer, IMK, Evaluasi Heuristic, Severity Rating

Abstract

Dalam era digital, aplikasi pembelajaran bahasa seperti LingoDeer telah menjadi bagian vital bagi individu yang ingin menguasai berbagai bahasa. LingoDeer menawarkan beragam metode pembelajaran, termasuk interaktif, latihan kosakata, dan tata bahasa. Evaluasi sistematis terhadap aplikasi ini menjadi krusial untuk bersaing di pasar yang ketat dan memenuhi kebutuhan kompleks pengguna. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan peningkatan hasil belajar dari penggunaan aplikasi ini dalam lingkup tertentu. Evaluasi Heuristic Evaluation diperlukan untuk memahami sejauh mana LingoDeer mematuhi prinsip-prinsip Interaksi Manusia dan Komputer. Metode penelitian dimulai dengan pemeriksaan aplikasi LingoDeer sebagai objek penelitian. Aplikasi ini, terkenal karena kemudahan penggunaannya, dianalisis secara mendalam dalam konteks Interaksi Manusia dan Komputer untuk mengevaluasi standar usability. Berbagai aspek manusia, komputer, dan situasi interaksi yang mempengaruhi hubungan pengguna dengan sistem dibahas secara detail. Evaluasi heuristic terhadap aplikasi menggunakan 10 heuristic untuk mengukur usability. Hasilnya menunjukkan bahwa dari 10 aspek, terdapat 2 aspek memiliki nilai severity rating 1, sementara 8 lainnya memiliki nilai rating 0. Dimana hal ini menggambarkan kepuasan pengguna terhadap aplikasi LingoDeer. Dengan demikian, aplikasi LingoDeer menunjukkan kategori usability yang baik. Namun, perbaikan pada beberapa aspek masih diperlukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna di masa mendatang dalam konteks Interaksi Manusia dan Komputer

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Supriadi, Y., Ardiansyah, H. G., & Hadi, N. C. (2024). ANALISA APLIKASI LINGODEER BERDASARKAN PRINSIP DAN PARADIGMA IMK MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIC. Prosiding Seminar SeNTIK, 8(1), 343–350. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3737
Abstract View: 0 times