FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN BERKUNJUNG DALAM HALAL TOURISM: STUDI KASUS MASJID AL-JABBAR
Keywords:
Atribut Produk Wisata, Citra Destinasi Halal Tourism, Electronic Word of Mouth, Keputusan Berkunjung, Minat BerkunjungAbstract
Industri pariwisata, khususnya Pariwisata Halal telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Di era digital, EWOM dan citra destinasi memainkan peran penting dalam memengaruhi keputusan wisatawan untuk mengunjungi suatu destinasi. Masjid Raya Al- Jabar, sebuah destinasi Pariwisata Halal yang terkenal di Bandung, menawarkan studi kasus yang menarik karena daya tariknya bagi pengunjung yang mencari pengalaman religius dan budaya. Penelitian ini mengkaji pengaruh EWOM, citra destinasi, dan atribut produk wisata terhadap keputusan berkunjung, dengan minat berkunjung sebagai variabel intervening. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis EWOM, Citra Destinasi Halal Tourism dan Atribut Produk Wisata sebagai determinasi Keputusan berkunjung dengan mediasi minat berkunjung. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantittif, tahap pengujian pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan PLS. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 250 responden wisatawan Masjid Al-Jabbar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EWOM, Citra Destinasi Halal Tourism, Atribut Produk Wisata dan Minat berkunjung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung, EWOM, Citra Destinasi Halal Tourism dan Atribut Produk Wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung, sedangkan variabel Minat Berkunjung memediasi pengaruh EWOM, Citra Destinasi Halal Tourism dan Atribut Produk Wisata (Partial Mediation)