PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ALAT-ALAT BROADCASTING MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID
Keywords:
], Augmented Reality, Media Pembelajaran, Alat-Alat Broadcasting, Android, MarkerAbstract
Pengenalan alat-alat broadcasting sangat diperlukan dalam proses pembelajaran oleh peserta didik SMK yang mengambil kompotensi keahlian SBF (Seni dan Broadcasting Film). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru produktif SBF di Jakarta, banyak SMK Broadcasting yang tidak memiliki alat-alat broacasting secara lengkap, dikarenakan keterbatasan anggaran biaya, sehingga membuat peserta didik dan guru kesulitan dalam melakukan proses pembelajaran. Guru sering sekali menerapkan pembelajaran yang hanya satu arah dengan menggunakan media power point yang hanya menampilkan gambar atau video. Hal ini mengakibatkan peserta didik bosan dan kurang termotivasi dalam belajar. Agar peserta didik memahami bentuk dan fungsi alat-alat broadcasting, penulis mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya secara visual 3D dan realtime menampilkan informasi menggunakan smartphone Android. Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan media ini adalah dengan pendekatan D&D Research (Design and Development Research). Teknik analisis data dalam mengevaluasi penelitian ini adalah menggunakan analisis deskritif kuantitaf. Hasil dari penelitian ini adalah dari 100 guru, 89% sangat paham dan 11% paham dengan alat- alat broadcasting. Sedangkan untuk uji pemahaman media, dari 20 Guru, sebanyak 90% sangat paham dan hanya 10% yang paham. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran pengenalan alat- alat broadcasting menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran produktif SBF