PERANCANGAN USER INTERFACE LAYANAN MENTOR ON DEMAND PADA WEBSITE SKILVUL MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
Abstract
Kondisi pandemi Covid-19 ini mengakibatkan perubahan yang luar biasa, termasuk dalam bidang pendidikan. Seolah seluruh jenjang pendidikan ''dipaksa'' bertransformasi untuk beradaptasi secara tiba- tiba untuk melakukan pembelajaran dari rumah melalui media daring (online). Ini ten-tu bukanlah hal yang mudah, karena belum sepenuhnya siap. Skilvul hadir untuk memenuhi kebu-tuhan digital talent untuk siap beradaptasi pada kondisi pandemi Covid-19. Skilvul adalah sebuah platform pendidikan teknologi yang menyediakan konten pelajaran digital skills dengan metode “blended-learning” dalam bentuk online maupun offline sekaligus bertanya langsung kepada para mentor. Metode ini akan lebih efektif karena proses belajar mengajar dilakukan dua arah. Sistem kursus online yang pada umumnya memiliki rasio mentor berbanding siswa yang besar sehingga membatasi waktu mentor untuk berkomunikasi kepada siswa satu per satu. Metode perancangan user interface yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode design thinking yang meliputi lima tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Hasil pengujian terhadap design prototype yang diusulkan juga membuktikan bahwa, perancangan prototype sudah memen-uhi standar kelayakan. Hal tersebut dilakukan dengan 2 kali iterasi pengujian dengan hasil akhir mendapatkan nilai performance sebesar 81,5 dan termasuk dalam kategori acceptable atau dapat diterima.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2023-08-20
How to Cite
Faqih Yugo Susilo, Pipit Dewi Arnesia, & Fitri Sjafrina. (2023). PERANCANGAN USER INTERFACE LAYANAN MENTOR ON DEMAND PADA WEBSITE SKILVUL MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 416–431. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3464
Issue
Section
Articles