PENERAPAN CHATBOT AUTO REPLY PADA WHATSAPP MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (STUDI KASUS SRI RATU LAUNDRY)

Authors

  • Hilman Ginanjar Ardiansyah STMIK Jakarta STI&K

Abstract

Pada era digital saat ini, perkembangan teknologi terus berlangsung dengan cepat, dan industri laundry merupakan salah satu sektor yang banyak terpengaruh oleh perkembangan tersebut. Salah satu pelaku usaha dalam industri ini, yaitu Sri Ratu Laundry, telah memanfaatkan teknologi dengan mengadopsi WhatsApp Business. Dalam mengelola bisnisnya, mereka menghadapi beberapa tantangan seperti waktu pemesanan, manajemen pesanan, dan interaksi dengan pelanggan. Akibat dari, waktu respons balas chat yang lama dapat mengecewakan pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan solusi yang dapat mempermudah proses bisnis laundry. Pada penelitian ini, diputuskan untuk menggunakan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI), khususnya platform chatbot no-code seperti Landbot.io dan dilakukan dengan moteode penelitian waterfall. Chatbot berperan penting dalam menggantikan peran petugas yang tidak dapat segera merespons chat saat sedang sibuk melayani pelanggan di tempat. Chatbot juga membantu dalam mencatat dan menjadwalkan layanan antar-jemput pesanan dengan efisien. Dengan adanya chatbot, pelayanan yang diberikan oleh Sri Ratu Laundry tetap optimal baik saat dilayani secara langsung maupun melalui chat di WhatsApp, memastikan kepuasan pelanggan tetap terjaga

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Hilman Ginanjar Ardiansyah. (2023). PENERAPAN CHATBOT AUTO REPLY PADA WHATSAPP MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (STUDI KASUS SRI RATU LAUNDRY). Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 384–393. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3462
Abstract View: 0 times