DESA WISATA SEGAJIH SMART MARKETING TOURISM

Authors

  • Septiono Eko Bawono Universitas Negeri Yogjakarta
  • Yoga Sahria Universitas Negeri Yogjakarta
  • Widodo Universitas Negeri Yogjakarta
  • Tinesa Fara Universitas Negeri Yogjakarta
  • Putu Sudira Universitas Negeri Yogjakarta
  • Pardjono Universitas Negeri Yogjakarta
  • Moch. Bruri Triyono Universitas Negeri Yogjakarta

Abstract

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Pascasarjana UNY 2022 merekomendasikan integrasi teknologi pada pengembangan desa wisata dengan mengaplikasikan teknologi digital. Penelitian ini dilakukan pada Desa Wisata Segajih dan Desa Wisata Tinalah di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan mix method, yaitu menggabungkan antara pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Tahap awal, wawancara mendalam dilaksanakan terhadap informan desa wisata untuk mengetahui tingkat literasi teknologi digital sebagai data emik. Data yang terkumpul secara kualitatif didalami kemudian diinterpretasi sebagai data etik. Wawancara ini dilaksanakan pada orang kunci yang merupakan informan desa wisata.Berdasarkan data yang diperoleh dikembangkan prototype Web. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi aplikasi teknologi digital yang sesuai bagi pengembangan desa wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desa wisata memiliki tingkat literasi yang baik mengenai teknologi digital tetapi perlu fasilitasi dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi ini untuk mengembangkan desa wisata dengan strategi Smart Marketing Tourism.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Septiono Eko Bawono, Yoga Sahria, Widodo, Tinesa Fara, Putu Sudira, Pardjono, & Moch. Bruri Triyono. (2023). DESA WISATA SEGAJIH SMART MARKETING TOURISM. Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 231–238. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3446
Abstract View: 0 times