DETERMINAN SUSTAINABILITY UMKM MELALUI FINANCIAL LITERACY, MODAL USAHA, KONTRIBUSI PEMERINTAH, DAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • Niswah Hazratil Mufidah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusa Megarkencana
  • Supardi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusa Megarkencana
  • Eliya Isfaatun Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusa Megarkencana

Abstract

UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Besarnya kontribusi UMKM dalam perekonomian Indonesia, maka diperlukan didukungan dengan pemberdayaan UMKM yang berkualitas untuk mengembangkan potensi UMKM agar mampu bertahan atau sustainable. Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan, modal usaha, kontribusi pemerintah, dan digital marketing terhadap keberlanjutan UMKM di Kabupaten Sleman. Jumlah populasi pelaku UMKM di Kabupaten Sleman sebanyak 90.574 UMKM, ukuran sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, menghasilkan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dapat mewakili UMKM. Metode pemilihan responden menggunakan probability sampling dengan sampling acak sederhana. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear berganda, uji parsial (t), dan uji simultan (F) dengan menggunakan bantuan SPSS versi 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan dan modal usaha tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keberlanjutan UMKM di Kabupaten Sleman, sedangkan variabel kontribusi pemerintah dan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan UMKM di Kabupaten Sleman. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa literasi keuangan, modal usaha, kontribusi pemerintah, dan digital marketing secara serentak berpengaruh signifikan terhadap keberlanjutan UMKM di Kabupaten Sleman.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Mufidah, N. H., Supardi, & Eliya Isfaatun. (2023). DETERMINAN SUSTAINABILITY UMKM MELALUI FINANCIAL LITERACY, MODAL USAHA, KONTRIBUSI PEMERINTAH, DAN DIGITAL MARKETING. Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 323–333. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3444
Abstract View: 0 times