PENGARUH BPOM, LOGO HALAL, DAN LOGO GREEN DOT PADA KEMASAN KOSMETIK WARDAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Bagi para wanita, kosmetik menjadi salah satu kebutuhan penting untuk mempercantik diri baik wajah maupun tubuh. Namun, penggunaan kosmetik harus didasari pada ketelitian dalam memilih produk yang memenuhi unsur keamanan, kehalalan, dan ramah lingkungan. Penelitian ini memiliki fokus permasalahan pada pengaruh pencantuman label BPOM, logo halal, dan logo green dot pada kemasan produk kosmetik Wardah terhadap keputusan pembelian. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini memiliki besaran sampel 100 orang responden dari para wanita yang berdomisili provinsi DIY, berusia minimal 17 tahun, dan sedang atau pernah menggunakan produk kosmetik merek Wardah. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis SEM (Structural Equation Modeling) SmartPLS 4, serta pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Hasil penelitian dengan tingkat signifikansi sebesar 5% ini menunjukkan bahwa pencantuman BPOM pada kemasan produk kosmetik Wardah tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, namun pencantuman logo halal dan logo green dot memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam model penelitian ini, ketiga variabel independen tersebut memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 47,2% dan sisanya sebesar 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitianDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2023-08-16
How to Cite
Prila Noor Adhilla, Dhiana Ekowati, Winanto Nawarcono, & Wendri Sukmarani. (2023). PENGARUH BPOM, LOGO HALAL, DAN LOGO GREEN DOT PADA KEMASAN KOSMETIK WARDAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 148–155. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3440
Issue
Section
Articles