Implementasi Metode Multithreading Pada Pengembangan Gim Multiplayer Online Menggunakan Java Virtual Machine
Abstract
Gim multiplayer online telah menjadi sangat populer di seluruh penjuru dunia saat ini. Namun, pengembangan gim seperti itu memiliki tantangan teknis yang serius, terutama dalam hal pengelolaan dan sinkronisasi data antara pemain. Dalam upaya untuk mengatasi tantangan ini, metode multithreading diusulkan sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kinerja gim multiplayer online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi metode multithreading dalam pengembangan gim multiplayer online pada sisi server. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan Java Virtual Machine sebagai alat pembantu. Eksperimen dilakukan dengan menerapkan metode multithreading dengan memanfaatkan fitur dan mekanisme multithreading yang disediakan oleh Java Virtual Machine, seperti pengelolaan thread, sinkronisasi data, dan pengaturan prioritas kemudian dilakulan pengumpulan data kinerja gim, dan responsivitas pada gim yang telah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode multithreading pada sisi server dapat meningkatkan kinerja gim dan responsivitas pemain sebanyak 55.22%
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
