PENGEMBANGAN GAMES EDUKASI FISIKA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Nur Budi Nugraha Politeknik Negeri Indramayu
  • Yaqutina Marjani Santosa Politeknik Negeri Indramayu
  • Esti Mulyani Politeknik Negeri Indramayu

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di jenjang SMA sesuai dengan standar kurikulum yang terdapat 11 bab yang diajarkan, dimana tiga diantaranya adalah fluida statis, gerak parabola dan fluida dinamis. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran fisika, metode pembelajaran yang digunakan guru dalam proses belajar masih menggunakan metode konvensional, sehingga membuat siswa kesulitan memahami konsep yang diajarkan dengan baik. Guru sering sekali menerapkan pembelajaran yang bersifat konvensional di mana siswa belajar secara individu dan tidak terlibat aktif dalam pembelajaran yang mengakibatkan siswa merasa bosan dan kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini membuat sebuah game edukasi yang bernama “phygames”. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dan secara umum memiliki beberapa tahapan dalam pelaksanaannya, meliputi: identifikasi masalah dan kebutuhan, analisis dan perencanaan, pengembangan sistem, uji coba dan evaluasi. Hasil penelitian game edukasi fisika telah berhasil dibuat dan diuji kelayakannya. Dari hasil kuesioner diketahui bahwa game edukasi ini cukup mudah digunakan (85%) dan memiliki user interface yang sangat baik (95%). Sekitar 78% responden juga menyatakan bahwa pengalaman yang dirasakan dalam menggunakan game adalah sangat baik. Sebanyak 82% responden menyatakan game edukasi fisika ini sangat membantu dalam mempelajari materi fisika tentang fluida statis, gerak parabola dan fluida dinamis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-16

How to Cite

Nur Budi Nugraha, Yaqutina Marjani Santosa, & Esti Mulyani. (2023). PENGEMBANGAN GAMES EDUKASI FISIKA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA. Prosiding Seminar SeNTIK, 7(1), 5–11. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3413
Abstract View: 0 times