EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA UJIAN ONLINE BERBASIS KOMPUTER PADA PELATIHAN PEMROGRAMAN WEB DASAR DI UT SCHOOL MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNARE (UEQ)

Authors

  • Fivtatianti Hendajani
  • Guntur Eka Saputra Universitas Gunadarma
  • Aditya Putera Ramadhana Universitas Gunadarma

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah merambah di berbagai bidang. Perkembangan perangkat lunak juga sangat cepat guna memudahakan aktifitas manusia sehari-hari. Pembuatan aplikasi Ujian Online Berbasis Komputer dibutuhkan untuk kecepatan proses pengelolaan ujian pada pelatihan Pemrograman WEB Dasar di UT School. Keberhasilan dari sebuah produk sistem informasi , seperti produk aplikasi, dapat diperoleh dengan melakukan analisis kebutuhan pengguna yang lebih berfokus pada pengalaman dan kenyamanan pengguna. Setelah proses pelatihan selesai akan diketahui pengalaman pengguna aplikasi tersebut dengan menggunakan User Experience Questionnare (UEQ). Jumlah responden sebanyak 127, dengan menggunakan rumus Slovin maka jumlah sampel minimum adalah 56. Responden mengisi kuesionar menggunakan Google Form yang datanya kemudian akan di analisa menggunakan alat analisa data yang tersusun dalam format Microsot Excell. Hasil yang diperoleh berdasarkan grafik tolak ukur(benchmark) menunjukkan level below average pada skala daya tarik (attractiveness) sebesar 0.98, kejelasan (perspiculty) sebesar 0.86, efisiensi (efficiency) sebesar 1.02, kebaruan (novelty) sebesar 0.52 dan stimulasi (stimulation) sebesar 0.98 yang menunjukkan bahwa ke 5 skala tersebut berada pada level below average. Skala keandalan (dependability) sebesar 0.74 berada pada level bad. Berdasarkan hasil pengukuran kemudian dapat digunakan sebagai rekomendasi untuk dapat meningkatkan rancangan aplikasi ujian online berbasis komputer yang lebih baik lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Fivtatianti Hendajani, Guntur Eka Saputra, & Aditya Putera Ramadhana. (2022). EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA UJIAN ONLINE BERBASIS KOMPUTER PADA PELATIHAN PEMROGRAMAN WEB DASAR DI UT SCHOOL MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNARE (UEQ) . Prosiding Seminar SeNTIK, 5(1), 153–160. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3241
Abstract View: 7 times