PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY MOBIL NISSAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE V MODEL BERBASIS ANDROID

Authors

  • Yudi Irawan Chandra STMIK Jakarta STI&K
  • Kosdiana STMIK Jakarta STI&K

Abstract

Augmented Reality (AR) sebagai salah satu teknologi yang memadukan antara benda maya dan benda nyata dalam waktu yang nyata, suatu lingkungan yang nyata serta berjalan secara interaktif. Pada teknologi AR terdapat gabungan benda dalam tiga dimensi yaitu benda maya yang tergabung di dunia nyata. Augmented Reality akan memadukan antara objek yang bersifat real dan yang bersifat virtual dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai dengan yang diinginkan, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan pelacakan yang efektif. Aplikasi AR_NISSAN adalah aplikasi media periklanan secara berdiri sendiri yang dapat diakses di perangkat mobile Android tanpa memerlukan sambungan internet. Aplikasi ini ditujukan untuk konsumen, tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja di masyarakat umum yang membutuhkan informasi tentang produk mobil Nissan. Informasi utama yang diberikan oleh brosur interaktif berbasis Augmented Reality ini hanyalah informasi dan video iklan produk mobil Nissan. Penggunaan teknologi Augmented Reality dan smartphone Android sebagai media promosi produk mobil Nissan diharapkan dapat membantu mereka melihat produk mobil Nissan secara lebih sederhana dan menarik secara lebih interaktif. Model V adalah suatu model System Development Life Cycle di mana eksekusi proses terjadi secara berurutan dalam bentuk-V. Juga dikenal sebagai model verifikasi dan alidasi. Model V adalah sebuah model extended dari model waterfall dan didasarkan pada asosiasi fase pengujian untuk setiap fase pengembangan yang sesuai dengan aplikasi yang ingin dikembangkan. Aplikasi ini dibangun menggunakan aplikasi Unity 3D yang banyak juga digunakan sebagai alat pengembangan perangkat lunak berbasis 3 dimensi atau 2 dimensi yang bersifat interaktif seperti simulasi visualisasi arsitektur, pelatihan kedokteran, aplikasi berbasis mobile, aplikasi berbasis desktop, aplikasi berbasis web, aplikasi berbasis console, dan berbagai platform lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-23

How to Cite

Yudi Irawan Chandra, & Kosdiana. (2021). PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY MOBIL NISSAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE V MODEL BERBASIS ANDROID. Prosiding Seminar SeNTIK, 5(1), 37–44. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3229
Abstract View: 31 times