ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BEHAVIORAL INTENTION PADA ONLINE MARKETPLACE MENGGUNAKAN MODEL UTAUT(STUDI KASUS : SHOPEE)

Authors

  • Krisna Wijaya Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia Malang
  • Eva Handriyantini Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia Malang

Keywords:

BEHAVIORAL INTENTION, ONLINE MARKETPLACE, MODEL UTAUT

Abstract

Sebuah survei yang dilakukan oleh APJII(Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) pada tahun 2018 menyebutkan bahwa 58,8% pengguna internet di Indonesia mengaku tidak pernah melakukan transaksi di online marketplace. Salah satu alasan mengapa masyarakat tidak pernah melakukan transaksi online adalah masyarakat belum bisa menggunakan aplikasi online marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi behavioral intention pada online marketplace khususnya Shopee menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology(UTAUT) yang terdiri dari empat konstruk utama yaitu performance expectancy, effort expectancy, social influence dan facilitating conditions. Sampel pada penelitian ini berjumlah 150 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, variabel effort expectancy dan facilitating conditions memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioral intention. Kata Kunci : behavioral intention, online marketplace, UTAUT

Published

2020-10-12