Pembuatan Visual Novel dengan Tujuan Edukasi Berbasis Android

Authors

  • Mutiara Romana Kusuma Universitas Gunadarma
  • Suryadi Universitas Gunadarma
  • Hasanuddin Djamil Universitas Gunadarma
  • Irwan Bastian Universitas Gunadarma
  • Aqwam Rosadi Kardian Universitas Gunadarma

Keywords:

visual novel, repyn, android

Abstract

Paper ini menyajikan visual novel sebagai media edukasi alternative bagi siswa SMA. Cerita pada permainan ini berdasarkan kehidupan sekolah sehari-hari seperti, berinteraksi dengan teman sebaya, ujian, dan lain-lain. Visual novel merupakan sebuah genre permainan yang dapat menggabungkan cerita dan ujian tersebut. Terdapat beberapa epilog cerita yang didapatkan berdasarkan hasil ujian. Pemain harus mendapat nilai ujian yang baik untuk mendapatkan epilog cerita baik. Visual novel ini dibuat menggunakan Ren’Py dan Ren’Py Android Packaging Tool, sehingga game ini dapat dimainkan pada perangkat Android. Metode yang digunakan adalah analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa permainan ini berhasil melewati tes yang dilakukan pada permainan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Mutiara Romana Kusuma, Suryadi, Hasanuddin Djamil, Irwan Bastian, & Aqwam Rosadi Kardian. (2022). Pembuatan Visual Novel dengan Tujuan Edukasi Berbasis Android. Prosiding Seminar SeNTIK, 1(1), 8–14. Retrieved from https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3112
Abstract View: 19 times