PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI KATALOG PENJUALAN SABLON BAJU BERBASIS ANDROID

Authors

  • M. Anggi Rizki Abdillah Universitas Merdeka Pasuruan
  • Anang Aris Widodo Universitas Merdeka Pasuruan
  • Rudi Hariyanto Universitas Merdeka Pasuruan

Keywords:

AUGMENTED REALITY, KATALOG PENJUALAN SABLON BAJU, ANDROID

Abstract

Sablon ialah sebuah teknik mencetak diatas media berupa kaos, kaca, plastik, dan media yang lainnya. Sedangkan sablon kaos ialah sebuah teknik mencetak diatas media sebuah kaos. Teknologi Augmented Reality(AR) merupakan suatu teknologi untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat melalui komputer. Penggunaan teknologi Augmented Reality berbasis android semakin pesat dijaman modern ini, dengan adanya aplikasi untuk desain sablon yang akan ditampilkan secara virtual dapat digunakan sebagai contoh desain sablon yang pada awalnya di promosikan secara manual dan di rasa kurang menarik pelangan, dengan mengkombinasikan ilmu komputer modern sehingga dapat memperlihatkan desain sablon baju dengan tampilan 3D. Aspek penting yang perlu diperhatikan dalam perancangan teknologi augmented reality yaitu metode yang akan digunakan. Dalam penelitian ini digunakan metode marker based tracking. Pada pengujian aplikasi ini menggunakan User Acceptance Test (UAT) dengan model skala likert kuesioner, jumlah responden sebanyak 20 orang. Hasil pengujian UAT menunjukkan nilai rata-rata prosentase kecocokan desaian dengan marker sebesar 83%. Kata Kunci : Sablon Kaos, Augmented Reality, Marker, Tampilan 3D, UAT (User Acceptance Test)

Published

2020-09-30