IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE & FREQUENT PATTERN GROWTH UNTUK PENENTUAN SISTEM REKOMENDASI KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Siti Hasuna STMIK Jakarta STI&K
  • Widi Hastomo ITB Achmad Dahlan Jakarta
  • Ellya Sestri Politeknik Penerbangan Indonesia
  • Nawang Kalbuana Politeknik Penerbangan Indonesia

Keywords:

ASSOCIATION RULE & FREQUENT PATTERN GROWTH, KEPUTUSAN PEMBELIAN

Abstract

Rekomendasi sistem membantu pelanggan dalam menemukan produk yang relevan dan baru dengan lebih efektif. Penilitian ini menguraikan prediksi penjualan pada sebuah toko ritel dan sistem rekomendasi produk yang diterapkan untuk toko ritel tersebut. Data terdiri dari informasi penjualan selama 7 tahun sebanyak 12.099 transaksi. Association Rule merupakan algoritma yang membantu dalam memberikan dukungan keputusan pada produk yang dibeli secara bersamaan oleh pelanggan. Pola yang dihasilkan terhadap barang yang dibeli oleh pelanggan sangat penting untuk meningkatkan target penjualan agar menjadi lebih tepat sasaran dengan berbagai tindakan yang bisa dilakukan seperti memberikan promosi dan diskon. Penelitian ini juga menggunakan algoritma FP-Growth untuk pendekatan asosiasi. Hasil dari penelitian ini adalah rule yang berguna untuk memberikan rekomendasi promosi suatu produk secara lebih tepat, yaitu dengan menghasilkan 3 rule ketika menggunakan minimum support 0.2 dan minimun confidence 0.5. Kata Kunci : Rekomendasi, Association, Rule, Ritel, FP-Growth

Published

2020-09-30