APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK ELEKTRONIK DALAM BENTUK 3D BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : PT. BEST DENKI INDONESIA)

Authors

  • Alfandi Jaya Saputra Siregar Universitas Cendekia Abditama

Abstract

Pada saat ini perkembangan dunia bisnis khususnya elektronik sedang berkembang pesat. Semakin banyaknya persaingan dalam dunia bisnis menjadikan banyak perusahaan berlomba-lomba dalam menciptakan strategi penjualan yang inovatif agar menarik perhatian konsumen. Pengadaptasian teknologi ke dalam strategi penjualan pun telah menjadi salah satu solusi yang menarik bagi para pelaku bisnis, salah satunya bentuk pemanfaatan teknologi dalam strategi penjualan adalah pemanfaatan teknologi Augmented Realiti pada Smartphone: android. Hal ini dapat menggantikan promosi pemasaran produk elektronik dalam bentuk brosur/majalah menjadi visualisasi produk elektronik yang sesungguhnya dalam bentuk real dengan cara menggunakan akses smartphone. Untuk itu penulis membuat sebuah Aplikasi yang berjudui "Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Produk Elektronik dalam Bentuk 3D Berbasis Android (Studi Kasus PT. Best Denki Indonesia) dengan memanfaatkan teknologi augmented reality. Karena dengan Augmented Reality pemasaran produk elektronik hanya perlu menggunakan sebuah smartphone oleh calon pembeli untuk memperlihatkan visualisasi rancangan produk elektronik secara nyata, jelas, dan menarik. Dengan teknologi augmented reality ini, pengguna dapat melihat miniatur produk elektronik yang bisa memberi contoh sebenarnya digantikan dengan model 3D yang ditampilkan secara virtual, dengan tujuan memudahkan pelanggan atau calon pembeli agar lebih mengetahui detail tentang produk elektronik tersebut. Teknologi ini juga mampu mengatasi masalah saat toko sedang tutup, namun tetap dapat melakukan promosi penjualan seperti dalam masa pandemi saat ini.

Informasi Artikel


Cite This Article:

Alfandi Jaya Saputra Siregar, 2021, APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK ELEKTRONIK DALAM BENTUK 3D BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : PT. BEST DENKI INDONESIA), 5, 1, 28 August 2021, http://dx.doi.org/10.32409/jikstik.5.1.2856

Published

2021-08-28