RANCANG BANGUN MASTER DATA UNTUK PENINGKATAN EFISIENSI WAKTU, KONSISTENSI, PENGITEGRASIAN DAN MENGURANGI REDUDANSI DATA AKADEMIK (STUDI KASUS : STMIK PPKIA PRADNYA PARAMITA MALANG)

Authors

  • Iroful Bariyah STIMATA Malang
  • Dinny Wahyu Widarti STIMATA Malang
  • Dian Wahyuningsih STIMATA Malang

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Bagian Puskordat STIMATA untuk penyempurnaan database akademik. Basis data akademik sebelumnya memiliki beberapa kendala, seperti kurangnya efisiensi waktu dalam pembuatan tabel secara berulang sehingga menyebabkan redundansi dalam pemasukan dan penginputan data. Selain itu, masing-masing tabel belum terintegrasi sehingga menyebabkan data tidak konsisten, sehingga sulit untuk mengembangkan aplikasi SIAKAD. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan database akademik yang dapat menyimpan data secara terpadu, seperti tabel krs yang menyimpan transaksi krs mahasiswa semua angkatan, serta tabel nilai dan tabel absensi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa database baru mampu mengurangi inefisiensi waktu berdasarkan panjang query dengan persentase kata 63%, karakter (tanpa spasi) 75%, karakter (dengan spasi) 75%, paragraf 70%, dan baris 73 %, yang berarti lebih jarang melakukan query database Database baru memiliki tingkat kerumitan yang lebih rendah dibandingkan database lama, sehingga query yang dihasilkan lebih mudah dipahami. Selain itu mampu mengurangi efisiensi waktu berdasarkan entri data dan waktu query, dengan perbandingan persentase 85%, namun lama running time dengan database baru lebih lambat karena menggabungkan beberapa view dan tabel. Basis data baru telah berhasil mengatasi masalah nonintegrasi antar tabel sehingga dapat mengurangi inkonsistensi dan redundansi data. Basis data baru dapat digunakan untuk mendukung pengembangan aplikasi stimata Siakad. Kata kunci: Efisiensi, Redundansi, Integrasi, Data Akademik, Database.

Informasi Artikel


Cite This Article:

Iroful Bariyah, Dinny Wahyu Widarti, Dian Wahyuningsih, 2021, RANCANG BANGUN MASTER DATA UNTUK PENINGKATAN EFISIENSI WAKTU, KONSISTENSI, PENGITEGRASIAN DAN MENGURANGI REDUDANSI DATA AKADEMIK (STUDI KASUS : STMIK PPKIA PRADNYA PARAMITA MALANG), 5, 1, 28 August 2021, http://dx.doi.org/10.32409/jikstik.5.1.2852

Published

2021-08-28