EVALUASI ANDROID APLIKASI DENGAN ANALISIS HEURISTIK NIELSEN (STUDI KASUS: APLIKASI KRL ACCESS)

Authors

  • Berrie Nugraha Adiwinata STMIK Jakarta STI&K
  • Pujiono STMIK Jakarta STI&K

Abstract

KRL Access adalah aplikasi milik Perum KA sebagai sebuah solusi dalam mengecek jadwal & posisi Kereta Commuter Line dengan akurat, diharapkan dapat membantu para pengguna transportasi kereta dalam memantau kondisi antrean, jadwal dan posisi KRL di stasiun, terlebih pada saat jam-jam sibuk seperti diwaktu pagi dan sore hari. Sehingga menggunakan aplikasi ini mempermudah calon penumpang bisa lebih cepat naik KRL tanpa menghabiskan waktu untuk menunggu lama. PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter mencatat jumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek Pada Januari 2021 rata-rata pengguna KRL per harinya adalah 327.379 pengguna, kemudian pada Februari tercatat 349.855 pengguna per hari, dan pada Maret mencapai 375.743 pengguna setiap harinya dan terus akan meningkat (mediaindonesia.com, 2021). Melihatnya besarnya antusias jumlah pengguna fasilitas kereta api, maka dengan itu perlu adanya evaluasi heuristik pada aplikasi KRL Access yaitu sebuah metode rekayasa kegunaan untuk menemukan masalah kegunaan dalam desain interface pengguna sehingga konten-kontennya dapat ditangani sebagai bagian dari proses desain berulang.

Informasi Artikel


Cite This Article:

Berrie Nugraha Adiwinata, Pujiono, 2021, EVALUASI ANDROID APLIKASI DENGAN ANALISIS HEURISTIK NIELSEN (STUDI KASUS: APLIKASI KRL ACCESS), 5, 1, 28 August 2021, http://dx.doi.org/10.32409/jikstik.5.1.2848

Published

2021-08-28