PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY MOBIL NISSAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE V MODEL BERBASIS ANDROID

Authors

  • Yudi Irawan Chandra STMIK Jakarta STI&K
  • Kosdiana STMIK Jakarta STI&K
  • Marti Riastuti STMIK Jakarta STI&K

Abstract

Augmented Reality (AR) sebagai penggabungan benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif Aplikasi AR_NISSAN adalah aplikasi media iklan offline atau standalone yang dapat diakses diperangkat mobile Android . Aplikasi ini ditujukan bagi para konsumen tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja masyarakat umum yang membutuhkan informasi tentang produk NISSAN. Informasi utama yang disediakan brosur interaktif berbasis Agumented Reality ini hanya sebatas informasi dan video iklan produk NISSAN. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality dan smartphone Android sebagai media promosi pada produk NISSAN diharapkan mampu membantu mereka melihat produk NISSAN lebih simple dan menarik dengan cara yang lebih interaktif. The V-Model adalah model SDLC dimana pelaksanaan proses yang terjadi secara berurutan dalam bentuk-V. Dikenal juga sebagai model Verifikasi dan Validasi. The V-Model merupakan perluasan dari waterfall model dan didasarkan pada asosiasi dari fase pengujian untuk setiap tahap pengembangan yang sesuai. Aplikasi ini dibangun menggunakan Unity 3D sebagai alat pengembangan perangkat lunak berbasis 3D atau 2D interaktif seperti simulasi training untuk kedokteran, visualisasi arsitektur, aplikasi berbasis mobile, desktop, web, console, dan berbagai macam platform lain. Kata Kunci : augmented reality, promosi, V-Model, android

Informasi Artikel


Cite This Article:

Yudi Irawan Chandra, Kosdiana, Marti Riastuti, 2021, PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY MOBIL NISSAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE V MODEL BERBASIS ANDROID , 5, 1, 28 August 2021, http://dx.doi.org/10.32409/jikstik.5.1.2828

Published

2021-08-28