ANALISIS GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SAAT PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DELONE DAN MCLEAN

Authors

  • Fahirah Universitas Gunadarma
  • Salma Luna Eka Puteri Universitas Gunadarma
  • Pipit Dewi Arnesia STMIK Jakarta STI&K

Keywords:

GOOGLE CLASSROOM, PEMBELAJARAN JARAK JAUH, DELONE DAN MCLEAN

Abstract

Peraturan jaga jarak sosial yang diterapkan akibat Pandemi COVID-19 di berbagai negara, termasuk Indonesia menyebabkan semua aktivitas masyarakat dibatasi dan digantikan dengan aktivitas secara online. Hal ini juga berlaku pada dunia Pendidikan yang beralih ke sistem pembelajaran jarak jauh, seperti Google Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesuksesan Google Classroom sebagai sistem pengganti kegiatan belajar mengajar di sekolah saat Pandemi COVID-19 menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model tersebut dapat digunakan untuk menganalisis kesuksesan Google Classroom dan terdapat pengaruh antara elemen-elemen kesuksesan, yaitu Kualitas sistem, Kualitas informasi, dan Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, dan Kepuasan Pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap manfaat bersih. Kata Kunci : Google Classroom, Model Kesuksesan, Sistem Informasi, DeLone dan McLean, COVID-19

Published

2020-09-27