Analisis Kesuksesan Sistem Informasi M-Banking Bank DKI Pada Masa Pandemi Dengan Pendekatan Model DeLone And McLean

Authors

  • Razief Bardijan Universitas Gunadarma
  • Sugiharti Binastuti Universitas Gunadarma

Keywords:

Bank DKI Jakarta, COVID-19, D&M IS Success Model, Mobile Banking

Abstract

Aplikasi mobile-banking (m-banking) telah disediakan oleh banyak bank selama beberapa tahun terakhir ini. Nasabah yang menggunakan juga bertambah banyak. Dengan kondisi pandemi COVID-19 sejak awal tahun 2020, makin banyak nasabah yang memanfaatkan fasilitas ini untuk transaksi perbankan mereka. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor kesuksesan m-banking dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi Delone and McLean (D&M IS Success Model) yang menggunakan beberapa aspek sebagai indikasi keberhasilan suatu sistem. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank DKI Jakarta yang menggunakan layanan mobile banking. Bank DKI Jakarta dipilih, karena Bank DKI merupakan bank yang mampu memberikan layanan terbaik kepada nasabah dan warga DKI Jakarta pada masa pandemi. Kuisioner didistribusikan kepada responden dengan metode pemilihan purposive with judgement sampling, dan melalui media google form. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Penggunaan dan Kepuasan Pengguna, (2) Penggunaan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna, (3) Kepuasan pengguna dan penggunaan berpengaruh terhadap manfaat bersih.

Informasi Artikel


Cite This Article:

Razief Bardijan, Sugiharti Binastuti, 2022, Analisis Kesuksesan Sistem Informasi M-Banking Bank DKI Pada Masa Pandemi Dengan Pendekatan Model DeLone And McLean, 21, 2, 03 June 2022, http://dx.doi.org/10.32409/jikstik.21.2.2971

Published

2022-06-03