Analisis Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus Astranet)

Authors

  • Rahmat Adiwiguna Rahmat Adiwiguna

Keywords:

Metode WebQual 4.0, Kualitas, Website, Kepuasan Pengguna, Astranet

Abstract

Grup Astra dikenal sebagai perusahaan perakitan dan distribusi untuk mobil dan sepeda motor. Saat ini grup Astra mempekerjakan lebih dari 200.000 karyawan di 212 perusahaan. Dengan jumlah karyawan tersebut, PT Astra International Tbk sebagai induk perusahaan memfasilitasi seluruh karyawannya dengan sebuah website yang di beri nama Astranet. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kualitas website Astranet terhadap kepuasan pengguna dengan metode WebQual 4.0. Area yang menjadi fokus dalam metode ini ada empat yaitu, kualitas kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), kualitas interaksi layanan (service interaction quality) dan kepuasan pengguna (user satisfaction). Metode penelitian menggunakan survey dengan data yang digunakan berupa kuesioner pada google form yang dibagikan kepada 35 responden secara online. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah model statistik deskriptif, uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda pada program SPSS. Penelitian ini secara keseluruhan dapat menghasilkan respon positif sebesar 79% terhadap ketiga variabel yang di uji yaitu variabel kualitas kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality) dan kualitas interaksi layanan (service interaction quality). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian kualitas website berdasarkan kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dari hasil uji parsial. Secara keseluruhan ketiga variabel tersebut juga memberikan respon positif dan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan dapat menambah jumlah sample responden untuk lebih mewakili dari seluruh karyawan grup Astra.

Informasi Artikel


Cite This Article:

Rahmat Adiwiguna, 2022, Analisis Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus Astranet), 21, 2, 03 June 2022, http://dx.doi.org/10.32409/jikstik.21.2.2958

Published

2022-06-03