Prosiding SeNTIK STI&K, Vol 3 (2019)

Font Size:  Small  Medium  Large

Pola Pembelian Produk Berdasarkan Association Rule Data Mining

Ratih Wulandari, Ichsani Mursidah

Abstract


Pengelompokan produk pada penyusunan rak display memiliki pengaruh yang signifikan pada prilaku belanja konsumen. Penelitian ini akan membahas mengenai promosi produk sebagai daya tarik pembelian pelanggan untuk membeli suatu produk menggunakan teknik data mining yaitu Association Rule Mining. Mengidentifikasi pola konsumen dalam membeli barang sangat penting dikarenakan dapat membantu rekomendasi promosi produk sehingga strategi pengelompokan barang pada rak dispay menjadi lebih tepat. Memanfaatkan data transaksi perhitungan asosiasi produk dilakukan menggunakan software RapidMiner. Hasil dari penelitian ini adalah rule yang dapat digunakan untuk membantu menentukan rekomendasi promosi suatu produk secara lebih tepat, yaitu pola pembelian konsumen hasil asosiasi dengan menggunakan algoritma apriori dengan menggunakan minimum support 90% dan minimum confidence 80% didapat jenis barang yang paling banyak terjual adalah Bumbu Masak] --> [Daging] (confidence: 0.857,[Buah_Sayur] --> [Daging] (confidence: 0.857,[Daging] --> [Bumbu Masak] (confidence: 0.960),[Daging] --> [Buah_Sayur] (confidence: 0.960),[Bumbu Masak] --> [Buah_Sayur] (confidence: 0.964)dan [Buah_Sayur] --> [Bumbu Masak] (confidence: 0.964)

Full Text: PDF