Prosiding SeNTIK STI&K, Vol 3 (2019)

Font Size:  Small  Medium  Large

Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality di SMK Islamic Village pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer

Aprian Karisman, Fithri Wulandari

Abstract


Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan dunia digital dengan dengan lingkungan pengguna secara real-time. Augmented reality ini menggunakan lingkungan yang ada di dunia nyata dan kemudian menambahkan informasi baru di atasnya. Penelitian Augmented reality saat ini berkaitan dengan penggunaan citra video yang diproses secara digital lalu ditambah dengan penambahan grafik yang dihasilkan komputer. SMK Islamic Village Tangerang yang menjadi objek penelitian ini merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan di Banten yang menghasilkan lulusan siap kerja di dunia kerja. Oleh karena itu, SMK Islamic Village Tangerang memiliki kewajiban untuk menjamin proses pengajaran yang berkualitas. Hal ini antara lain dilakukan dengan selalu memperbaharui media pengajaran yang digunakan dalam proses pengajaran. Pengembangan Aplikasi Augmented reality sebagai media pembelajaran pada SMK Islamic Village Tangerang adalah penelitian yang dilakukan untuk menunjang kesiapan lembaga pendidikan dalam menjamin kualitas lulusan dengan menyediakan media pembelajaran pelajaran yang akan menjadi bahan penelitian yaitu mata pelajaran perakitan komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat menghasilkan suatu media pengajaran berbasis teknologi Augmented reality yang interaktif dan mudah digunakan, sehingga proses pengajaran akan lebih menarik dan mudah dipahami, serta dapat mendorong lembaga pendidikan untuk memanfaatkan teknologi Augmented reality sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.