Prosiding SeNTIK STI&K, Vol 2 (2018)

Font Size:  Small  Medium  Large

Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Dengan Penerapan Single Marker Augmented Reality

Fivtatianti Hendajani, Guntur Eka Saputra, Aditya Putera Ramadhana

Abstract


Banyak materi tentang pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang tidak mudah dipahami siswa terutama pada materi yang mengajarkan teori tentang suatu proses. Kesulitan yang dialami anak dalam memahaminya adalah siswa tidak bisa melihat secara langsung tentang proses yang ada pada materi pelajaran IPAkelas 1, 2 dan 3 tingkat sekolah dasar. Media pembelajaran IPA menggunakan teknologi augmented reality dengan penerapan metode marker yang menawarkan visualisasi materipelajaran IPA dalam bentuk animasi 3 dimensi. Penelitian ini menghasilkan rancangan struktur navigasi dan use case diagram untuk dapat dilihat interaksi yang terjadi antara user dengan aplikasi, model animasi 3D, serta aplikasi yang dibuat. Aplikasi dapat menvisualisasikan suatu proses dalam materi pelajaran IPA dan dijalankan pada komputer personal dilengkapi dengan webcam. Aplikasi animasi 3 dimensi ini dapat menampilkan model animasi 3D dan informasi terkait, jika kamera dapat mengenali marker yang dijadikan sebagai target deteksi objek. Waktu rata-rata (detik) yang dibutuhkan agar kamera dapat mendeteksi marker masing-masing dari kelas 1, 2, dan 3 adalah 1,5, 3,33, dan 2,13.